Christopher Nolan ungkap detil baru film "Oppenheimer"

id christopher nolan,tenet,oppenheimer,kennetch branagh,death on the nile,oscar,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Christopher Nolan ungkap detil baru  film "Oppenheimer"

Tampilan perdana dari Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer, untuk film "Oppenheimer" garapan Christopher Nolan. (Universal)

Jakarta (ANTARA) - Sineas Christopher Nolan mengungkapkan sejumlah detil baru terkait filmnya mendatang, "Oppenheimer". Ia dan studio baru-baru ini merilis tampilan perdana dari Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer.

Selain itu, dikutip dari Variety, Rabu, aktor Kenneth Branagh, yang baru-baru ini meraih nominasi di Oscar untuk "Belfast", akan bersatu kembali dengan Nolan di "Oppenheimer", setelah sebelumnya mereka pernah bekerjasama di "Dunkirk" (2017) dan "Tenet" (2020).

Branagh akan memainkan peran yang tidak ditentukan dalam tampilan ambisius Oppenheimer dan perannya dalam menciptakan bom atom. Sementara itu, Branagh baru-baru ini juga membintangi "Death on the Nile" dan mendapatkan nominasi Oscar untuk mengarahkan, memproduksi, dan menulis "Belfast".

Universal Pictures and Syncopy juga mengumumkan bahwa pengambilan gambar utama telah dimulai pada "Oppenheimer". Cillian Murphy sebagai Oppenheimer pun dalam cuplikan foto perdana digambarkan menatap tajam sambil merokok, yang sesuai berdasarkan catatan sejarah, di mana Oppenheimer adalah seorang perokok berat yang akhirnya menderita kanker tenggorokan.

Ditulis dan disutradarai oleh Nolan, "Oppenheimer" diproduksi oleh Emma Thomas, Charles Roven dari Atlas Entertainment dan Nolan. Film akan syuting di beberapa lokasi di Amerika Serikat, termasuk New Mexico, California dan New Jersey. Film ini membawa anggaran produksi sebesar 100 juta dolar AS.

Selain itu, "Oppenheimer" juga dibintangi Emily Blunt sebagai ahli biologi dan botani Katherine "Kitty" Oppenheimer, Matt Damon sebagai Jenderal Leslie Groves Jr., dan Robert Downey, Jr. sebagai Lewis Strauss.

Ada juga Florence Pugh berperan sebagai psikiater Jean Tatlock, Benny Safdie berperan sebagai fisikawan teoretis Edward Teller, Michael Angarano berperan sebagai Robert Serber dan Josh Hartnett berperan sebagai ilmuwan nuklir Amerika Ernest Lawrence.

Tak hanya itu, film juga dibintangi oleh Rami Malek, Dane DeHaan, Dylan Arnold, David Krumholtz, Alden Ehrenreich dan Matthew Modine.

Universal Pictures akan mendistribusikan "Oppenheimer" secara teatrikal di seluruh dunia dan akan merilis film tersebut di bioskop Amerika Utara pada 21 Juli 2023.

Film ini didasarkan pada buku pemenang Penghargaan Pulitzer "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" oleh Kai Bird dan mendiang Martin J. Sherwin.