OKU permudah pelaku UMKM mendapat modal usaha

id Pinjaman modal usaha, pelaku UMKM, gandeng perbankan, Sekda OKU

OKU permudah pelaku UMKM mendapat modal usaha

Jajaran Pemkab OKU menggelar rapat pembahasan program kerja unggulan TPKAD kabupaten setempat tahun 2022, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendapat pinjaman modal untuk usaha melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) yang dibentuk di daerah itu.

Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Tarmizi di Baturaja, Kamis mengatakan, untuk mempermudah masyarakat khususnya pelaku UMKM dan petani dalam mendapat pinjaman modal usaha pihaknya telah membentuk TPKAD yang dikelola oleh beberapa Orgasinasi Perangkat Daerah (OPD) di pemerintahan daerah setempat.

OPD yang terlibat dalam TPKAD tersebut telah menyiapkan beberapa program kerja dengan menggandeng pihak perbankan sebagai mitra.

Beberapa OPD yang telah melakukan program TPKAD ini antara lain Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan OKU.

"OPD yang terlibat dalam TPKAD akan menjembatani akses pinjaman modal usaha di perbankan yang telah ditunjuk," ujarnya.

Menurut dia, dibentuknya TPKAD sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan sumber dana daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk pelaku UMKM dan pembangunan ekonomi daerah.

TPAKD harus mampu mengoptimalkan potensi dan sumber dana daerah sehingga dapat mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses keuangan bagi pelaku UMKM.

"Dengan adanya TPKAD ini diharapkan pelaku UMKM ataupun petani dapat lebih mudah mendapat modal untuk pengembangan usahanya," ujarnya.