Palembang target 2023 bebas dari perilaku BABS

id buang air besar sembarangan,Fenty Aprina,Dinas Kesehatan Kota Palembang,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Palembang target 2023 bebas  dari perilaku BABS

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fenty Aprina mendampingi ketua TP-PKK Palembang dalam deklarasi bebas SBS 2023 (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/21)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menargetkan tahun 2023 kota ini terbebas dari kebiasaan minor masyarakat yang masih melakukan buang air besar sembarangan (BABS).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fenty Aprina di Palembang, Selasa, mengatakan, untuk menghentikan kebiasaan minor masyarakat itu pihaknya menerapkan pendekatan perilaku higienis Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan pemberdayaan masyarakat.

"Pendekatan ini dilakukan secara bertahap. Tentu tidak mudah merubah pola hidup masyarakat," kata dia.

Menurut dia, kendati demikian pihaknya optimis selama dua tahun ke depan target tersebut dapat tercapai.

Apalagi, lanjutnya, setelah mendapatkan komitmen bersama untuk mengentaskan SBS dari semua pihak meliputi organisasi perangkat daerah (OPD) lintas sektor, camat, lurah, dan tokoh masyarakat.

"Komitmen yang dideklarasikan bersama itu tentu menjadi modal penting untuk menciptakan Palembang sehat meski tak mudah tapi tetap optimistis," ujarnya.

Adapun pihaknya mencatat dari 107 kelurahan di Kota Palembang ada sekitar ratusan kepala keluarga yang tersebar di 46 Kelurahan masih melakukan BABS. Sebagian besar warga yang melakukan BABS itu bermukim di wilayah perairan rawa atau tepian sungai.

"Maka ketika kotoran itu dibuang ke air akan mengalirkan penyakit, berimplikasi juga pada sakit seperti diare dan tifus di wilayah sekitar. Maka itulah menjadi penting kerja sama ini demi Palembang sehat," tambahnya.