Masyarakat diimbau tidak sembarangan buang air besar

id kadis kesehatan oku, buang air besar, jangan sembaran bab, stop buang air besar, bab, suharmasto

Masyarakat diimbau tidak sembarangan buang air besar

Jamban sehat (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Suharmasto mengimbau masyarakat di wilayah itu agar tidak buang air besar di sembarangan tempat untuk menjaga lingkungan sekitar supaya tetap bersih.

"Saya berharap seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya, terutama tidak BAB sembarangan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Suharmasto saat perayaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Baturaja, Rabu. 

Dalam acara tersebut, kata dia, diisi deklarasi serta penandatanganan komitmen bersama beberapa desa dari lima kecamatan untuk tidak BAB sembarangan.

"Perayaan HKN pada tahun ini mengusung tema `Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan` atau `Stop Mising Sembarangan` (SMS)"," katanya. 
Kadinkes OKU Suharmasto (tengah) foto bersama setelah HKN

Selain itu, saat perayaan tersebut pihaknya juga memberikan penghargaan kepada sejumlah masyarakat di wilayah itu dan instansi Pemerintahan Kabupaten OKU yang berprestasi dalam bidang kesehatan. 

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk terimakasih pemerintah daerah karena mereka ikut andil dalam menjaga lingkungan sekitar," katanya.

Dia berharap, setelah deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama tersebut akan tercipta sanitasi yang sehat terhindar dari BAB sembarangan.

"Khususnya bagi masyarakat di desa Kecamatan Peninjauan, Pengandonan, Sosoh Buay Rayap, Lubuk Raja dan Lubuk Batang," kata dia.

Sebab, kata Suharmasto, budaya BAB tidak pada tempatnya tersebut dapat mengganggu kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit.

"Ditambah lagi dengan adanya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) akan meningkatkan kesadaran warga di OKU terkait pentingnya kesehatan," ujarnya.