Yayan Ruhian manfaatkan aplikasi untuk saring panggilan telepon

id Yayan Ruhian,menyaring panggilan,#KnowYourCaller,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Yayan Ruhian manfaatkan aplikasi untuk saring panggilan telepon

Yayan Ruhian. (Tangkapan layar YouTube)

Jakarta (ANTARA) - Aktor dan ahli bela diri Yayan Ruhian tidak sembarangan menerima telepon tak dikenal di kontaknya. Dia memanfaatkan aplikasi untuk menyaring panggilan yang masuk ke telepon genggamnya.

"Saya sangat berhati-hati dalam menerima telepon dari nomor yang tidak tersimpan di kontak saya. Dulu, kebanyakan malah saya abaikan. Padahal, tidak sedikit yang ternyata adalah panggilan penting dari keluarga, relasi maupun kawan," kata Yayan dalam keterangan resmi Truecaller, Selasa.

Sejak menginstal platform untuk verifikasi nomor telepon Truecaller, aktor "The Raid" dan "Star Wars: The Force Awakens" ini merasa terbantu saat menerima panggilan telepon.

Menurut Laporan Truecaller Insights 2020, setiap orang Indonesia rata-rata menerima panggilan spam sebanyak 18,3 panggilan setiap bulannya. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia adalah negara penerima panggilan spam tertinggi di kawasan Asia dan berada di peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah panggilan spam terbanyak.

Berdasarkan data kepolisian Negara Republik Indonesia dari tahun 2019, jenis kejahatan siber yang paling umum terjadi adalah penipuan. Beberapa saluran yang digunakan oleh penipu yakni berupa email, situs web, media sosial dan telepon. Total kerugian yang disebabkan oleh penipuan email pada tahun 2019 dilaporkan lebih dari Rp144 miliar. Sementara itu, total kerugian penipuan melalui situs e-commerce mencapai lebih dari Rp73 miliar.

Di Amerika, transaksi penipuan online diperkirakan menghasilkan kerugian hingga 30 miliar dolar AS per tahun. Tahun lalu Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global.

"Misi Truecaller adalah membangun kepercayaan dalam komunikasi. Sebagai platform global terkemuka yang dapat memverifikasi kontak serta memblokir komunikasi yang tidak diinginkan, kami dengan bangga secara resmi meluncurkan kampanye perusahaan terbaru yakni #KnowYourCaller," kata Global Head of Corporate Communications di Truecaller Hitesh Raj Bhagat.

Dia berharap dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam komunikasi sehari-hari.