Palembang target bangun pasar terapung

id wisata,wisata sungai,palembang,pemkot palembang,pasar terapung

Palembang target bangun  pasar terapung

Arsip - Warga berbelanja di salah satu pedagang di Pasar Kapal Terapung yang berada di anak Sungai Sekanak Palembang, Sumsel, Jumat (10/2/17). (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menargetkan pembangunan pasar terapung pada 2022 untuk dijadikan salah satu destinasi wisata karena memiliki program wisata sungai.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Selasa, mengatakan, titik lokasi pembangunan pasar terapung itu direncanakan di bawah Jembatan Musi 2, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus.

“Peninjauan lokasi sudah dilakukan belum lama ini. Desainnya sudah ada. Kami harapkan tahun depan bisa dibangun,” kata dia.

Terkait pendanaannya, pemkot memiliki beberapa opsi yakni APBN, APBD atau CSR.

Ia mengatakan pengembangan wisata air di Sungai Musi dan beberapa anak sungai akan digenjot oleh pemkot untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Palembang.

Pemkot telah merampungkan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 500 meter yang sudah dilengkapi oleh pedestrian.

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro bukan hanya untuk mengendalikan genangan air, namun juga akan dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat.

Proyek restorasi dan normalisasi Sungai Sekanak menggunakan kucuran dana APBN melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra (BBWSS) VIII. Sementara untuk pedestrian atau pinggiran sungai tersebut dibangun melalui dana APBD Kota Palembang.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021