25 pasien COVID-19 masih dirawat di wisma atlet JSC Palembang

id COVID 19 palembang menurun sumatera selatan ,PIC rumah se,berita sumsel, berita palembang

25 pasien COVID-19 masih dirawat di  wisma atlet JSC Palembang

Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan. ANTARA/Nova Wahyudi

Sumatera Selatan (ANTARA) - Sebanyak 25 orang pasien COVID-19 masih menjalani perawatan di rumah sehat Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan.

PIC rumah sehat Wisma Atlet JSC M Bukhori di Palembang, Minggu mengatakan, mereka merupakan pasien COVID-19 bergejala ringan dan tidak bergejala yang masing-masing sembilan orang pasien dirawat di gedung (Tower) delapan dan 16 orang pasien dirawat di Tower tujuh.

“Tidak ada penambahan pasien semua adalah pasien lama,” kata dia.

Menurutnya, keterisian ruang perawatan oleh pasien COVID-19 di Wisma Atlet terus mengalami pengurangan merupakan dampak dari penurunan angkat konfirmasi positif COVID-19 Sumatera Selatan saat ini.

Selain tidak ada penambahan pasien baru selama satu pekan terakhir, ada 6 orang pasien yang dinyatakan sehat dan pulang kerumahnya.

Masing- masing lima orang dari Tower depalan dan satu orang dari Tower tujuh.

“Setelah dirawat rata-rata satu pekan mereka sudah dinyatakan sehat oleh tenaga kesehatan dan boleh pulang,” ujarnya.

Secara keseluruhan pasien COVID-19 yang dirawat dirumah sehat Wisma Atlet JSC tercatat ada sebanyak 593 orang, masing-masing 457 orang pasien di tower delapan terdiri dari 277 laki-laki,180 perempuan, 426 dewasa, 31 anak-anak dan yang dinyatakan sembuh sudah ada 418 orang pasien COVID-19.

Lalu tower tujuh ada sebanyak 214 pasien yang terdiri dari 153 laki-laki, 61 perempuan, 207 dewasa, 7 anak-anak yang dinyatakan sembuh sudah ada 185 orang pasien COVID-19.

“Sedikitnya dari jumlah tersebut ada 29 pasien dirujuk, dengan begitu tempat tidur kosong ada 171 dari jumlah kapasitas 200 tempat tidur untuk dua tower,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy, mengatakan, kondisi penyebaran sedang mengalami tren positif kasus konfirmasi aktif COVID-19 dalam perawatan berkurang 505 kasus dari 4.426 menjadi 3.921 dalam tiga hari terakhir.

“Tapi, meskipun demikian, masyarakat harus tetap waspada dan menaati protokol kesehatan,” kata dia.

Ia mengimbau, warga yang terkonfirmasi positef COVID-19 untuk dapat melakukan isolasi terpusat ditempat yang sudah disediakan seperti Wisma Atlet.

Hal tersebut lebih baik ketimbang melakukan isolasi mandiri di rumah atau bahkan tidak sama sekali.

“Sebab dengan isolasi terpusat kesehatan lebih terjamin dan tidak menularkan penyakitnya ke orang lain,” tandasnya.