Kasus COVID-19 Thailand tembus 1 juta

id Thailand,1 juta kasus COVID,Varian Delta, berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Kasus COVID-19 Thailand  tembus 1 juta

Pengunjuk rasa menutup Monumen Demokrasi dengan kain hitam saat memprotes penanganan pemerintah terhadap pandemi COVID-19 di Bangkok, Thailand, Kamis (19/8/2021). (ANTARA/Reuters)

Bangkok (ANTARA) - Thailand mencapai satu juta kasus COVID-19 pada Jumat, 97 persen di antaranya tercatat dalam lima bulan terakhir saat negara itu berjuang mengatasi salah satu wabah COVID-19 terparah di Asia.

Otoritas pada Jumat melaporkan 19.851 kasus baru dan 240 kematian, sehingga total kasus sudah melewati angka 1 juta dengan 8.826 kematian.

Selama pandemi, Thailand sempat berhasil mengendalikan sebagian besar wabah virus corona dan hanya menjalani pembatasan sosial sebagian sebelum mereka dihantam varian Alpha yang dapat mematikan pada April.

Varian Delta kemudian menyerang negara itu ketika baru segelintir orang telah disuntik vaksin COVID-19.

Pejabat kesehatan bergegas menambah pasokan vaksin setelah baru memvaksinasi 8,3 persen dari populasi 66 juta lebih.

Otoritas juga mencampurkan vaksin AstraZeneca dan Sinovac untuk meningkatkan imunitas sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi masalah pasokan.

Penanganan krisis COVID-19 oleh pemerintah, termasuk kebijakan vaksinasi, kembali memicu aksi protes baru-baru ini terhadap Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, yang membela strategi pemerintahnya.

Sumber: Reuters