Skenario perebutan sisa tiket babak 16 besar Euro 2020

id euro 2020,16 besar euro

Skenario perebutan sisa tiket babak 16 besar Euro 2020

Trofi Piala Eropa UEFA 2020 di Kings Cross Station di London pada 4 Juni 2021 (ANTARA/AFP/Niklas Halle'n)

Jakarta (ANTARA) - Setelah dua putaran pertandingan penyisihan grup Euro 2020 dimainkan tiga tim yakni Italia, Belgia dan Belanda sudah memastikan tempat di babak 16 besar.

Dari ketiganya, Belanda, sudah dipastikan menjadi pemuncak klasemen akhir Grup C, apapun hasil pertandingan pemungkas mereka di fase penyisihan grup.

Dengan demikian, masih ada 13 tiket tersisa yang diperebutkan ketika rangkaian pertandingan pemungkas fase grup dimainkan mulai Minggu malam nanti s.d. Kamis (24/6) dini hari WIB.

Tim debutan turnamen Makedonia Utara menjadi satu-satunya tim yang dipastikan tidak berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Pasalnya Makedonia yang punya nol poin di dasar Grup C kalah head-to-head meski masih bisa menyamai raihan poin Ukraina atau Austria.

Sementara lima tim yang saat ini berada di grup-grup lain secara matematis masih berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar memperebutkan tiket lewat jalur empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup, tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan yang akan menjadi lebih rumit.

Berikut adalah skenario lengkap perebutan sisa tiket babak 16 besar Euro 2020 berdasarkan tiap grup:

Grup A

Yang sudah lolos: Italia (6 poin)

Yang masih berpeluang lolos: Wales (4), Swiss (1) & Turki (0)

Yang sudah tersingkir: -

Jadwal pertandingan penutup: Italia vs Wales & Swiss vs Turki

Italia menjadi tim pertama yang meraih tiket babak 16 besar setelah mengalahkan Swiss 3-0 pada Rabu (16/6). Italia yang menjamu Wales dalam laga pemungkas di Roma pada Minggu (20/6) malam nanti, hanya butuh hasil imbang untuk mengunci status juara Grup A.

Hasil imbang di laga tersebut juga akan memastikan langkah Wales ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A, tanpa peduli hasil Swiss vs Turki di Baku. Jika menang, Wales akan lolos ke babak 16 besar selaku juara Grup A didampingi Italia sebagai runner-up.

Kemenangan Italia atas Wales jelas diharapkan Swiss, yang masih berpeluang lolos sebagai runner-up Grup A jika mengalahkan Turki. Syaratnya Swiss harus bisa mengejar ketertinggalan selisih gol defisit tiga yang saat ini mereka miliki dibandingkan surplus dua kepunyaan Wales, mengingat kedua tim secara head-to-head bermain imbang.

Sedangkan Turki hanya berpeluang lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup. Tapi untuk bisa meraih hal tersebut, Turki wajib menang dengan marjin telak atas Swiss, mengingat mereka saat ini punya selisih gol defisit lima.

Halaman selanjutnya: Grup B, C dan D Grup B

Yang sudah lolos: Belgia (6)

Yang masih berpeluang lolos: Rusia (3), Finlandia (3) & Denmark (0)

Yang sudah tersingkir: -

Jadwal pertandingan penutup: Finlandia vs Belgia & Rusia vs Denmark

Tak sampai 24 jam setelah Italia lolos ke babak 16 besar, Belgia menyusulnya lewat aksi heroik membalikkan keadaan kontra Denmark. Sama seperti Italia, Belgia juga cuma butuh hasil imbang di laga terakhir melawan Finlandia di Saint Petersburg, Senin (21/6), untuk menjuarai Grup B.

Hasil imbang Belgia vs Finlandia akan menguntungkan Rusia, yang juga cuma butuh mengimbangi Denmark di Kopenhagen untuk mengunci posisi runner-up Grup B. Rusia hanya bisa finisi paling tinggi di posisi kedua Grup B, karena mereka secara head-to-head sudah kalah dari Belgia.

Sementara Finlandia, kemenangan kontra Belgia akan memastikan langkah ke 16 besar tapi belum serta merta mengunci posisi dua teratas, bila mana Rusia mengalahkan Denmark di laga lain. Sebab nantinya Belgia, Rusia dan Finlandia akan sama-sama mengumpulkan enam poin dan pengurutan ditentukan berdasar selisih gol pertandingan head-to-head ketiga tim.

Sedangkan Denmark walaupun saat ini di dasar klasemen, bisa finis sebagai runner-up Grup B, jika mengalahkan Rusia dengan mencetak setidaknya dua gol dan di laga lain Finlandia kalah melawan Belgia.

Grup C

Yang sudah lolos: Belanda (6)

Yang masih berpeluang lolos: Ukraina (3) & Austria (3)

Yang sudah tersingkir: Makedonia Utara (0)

Jadwal pertandingan penutup: Ukraina vs Austria & Makedonia Utara vs Belanda

Apapun hasil Belanda vs Makedonia Utara di Amsterdam pada Selasa (21/6), tidak akan mempengaruhi posisi akhir kedua tim di klasemen Grup C. Belanda sudah mengunci posisi juara Grup C, sedangkan Makedonia dipastikan jadi juru kunci.

Belanda hanya perlu menanti siapa lawan mereka yakni tim peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E atau F.

Dengan demikian Ukraina dan Austria yang akan berhadapan di Bucharest, praktis akan memperebutkan posisi runner-up Grup C. Ukraina saat ini menuduki posisi kedua berbekal agresivitas empat gol yang sudah mereka cetak, satu buah lebih banyak dari Austria.

Skor imbang di Bucharest boleh jadi bakal menjadi hasil yang paling adil bagi kedua tim sebab Ukraina akan lolos sebagai runner-up Grup C dan Austria sangat berpeluang menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Grup D

Yang sudah lolos: -

Yang masih berpeluang lolos: Republik Ceko (4), Inggris (4), Kroasia (1) & Skotlandia (1)

Yang sudah tersingkir: -

Jadwal pertandingan penutup: Kroasia vs Skotlandia & Ceko vs Inggris

Inggris membuang kesempatan untuk memastikan kelolosan ke babak 16 besar ketika ditahan imbang nirgol oleh Skotlandia pada Jumat (18/6) kemarin. Hasil itu menyusul skor imbang yang juga terjadi antara Kroasia vs Ceko, membuat persaingan di Grup D menjadi terbuka.

Kendati demikian, Inggris dan Ceko jelas berada di posisi terdepan untuk lolos ke babak 16 besar serta hanya butuh hasil imbang ketika bertemu di London pada Selasa (22/6). Jika itu terjadi, Ceko lolos sebagai juara Grup D didampingi Inggris selaku runner-up.

Jika ada pemenang di laga tersebut, entah Ceko maupun Inggris akan lolos sebagai juara Grup D, sekaligus membuka peluang salah satu dari Kroasia atau Skotlandia menjadi runner-up grup.

Kroasia dan Skotlandia tentunya bakal berjibaku meraih kemenangan saat bertemu di Glasgow, sebab hasil imbang akan membuat kedua tim sangat kecil peluang lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik, mengingat mereka saat ini sama-sama cuma punya satu poin.

Kroasia bisa finis sebagai runner-up jika menang melawan Skotlandia dan di waktu bersamaan Inggris mengalahkan Ceko dengan marjin tiga gol atau lebih. Meski secara head-to-head berimbang, Kroasia tertinggal dalam total selisih gol yakni defisit satu dibandingkan Ceko yang surplus dua.

Skotlandia yang saat ini di dasar klasemen juga bisa finis sebagai runner-up jika menang dengan skor berapapun lawan Kroasia dan di waktu bersamaan Inggris dikalahkan Ceko.

Selanjutnya: Grup E dan F Grup E

Yang sudah lolos: -

Yang masih berpeluang lolos: Swedia (4), Slowakia (3), Spanyol (2) & Polandia (1)

Yang sudah tersingkir:

Jadwal pertandingan penutup: Slovakia vs Spanyol & Swedia vs Polandia

Spanyol harus menelan pil pahit sebagai satu-satunya tim unggulan turnamen yang belum memetik kemenangan di dua putaran pertama penyisihan Grup E, bahkan cuma menjadi tim peringkat ketiga klasemen sementara.

Swedia justru jadi tim paling terdepan untuk meraih tiket babak 16 besar dan hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Polandia di Saint Petersburg, Rabu (23/6), demi memastikan finis di dua posisi teratas Grup E. Kemenangan sudah tentu akan membuat Swedia lolos sebagai juara Grup E.

Sebaliknya Polandia yang berada di dasar klasemen wajib menang melawan Swedia jika ingin lolos ke 16 besar.

Sementara Slovakia yang saat ini ada di posisi kedua juga punya nasib seperti Swedia, yakni cuma butuh hasil imbang saat menghadapi Spanyol di Sevilla, untuk lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Spanyol kini dihadapkan pada situasi wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup atau runner-up Grup E. Pasalnya dengan hasil imbang atau total meraih tiga poin dan selisih gol impas, Spanyol bisa jadi tercecer dalam perhitungan sebagai empat tim peringkat ketiga terbaik.

Grup F

Yang sudah lolos: -

Yang masih berpeluang lolos: Prancis (4), Jerman (3), Portugal (3) & Hongaria (1)

Yang sudah tersingkir: -

Jadwal pertandingan penutup: Jerman vs Hongaria & Portugal vs Prancis

Grup F sejauh ini membuktikan prediksi banyak orang sebagai grup neraka di turnamen ini, sebab jelang rangkaian pertandingan penyisihan grup terakhir semua tim penghuninya masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Prancis yang berada di puncak klasemen akan menghadapi Portugal di Budapest sebagai ulangan final Euro lima tahun lalu, sedangkan Hongaria bertemu Jerman di Muenchen, pada Rabu (23/6).

Bila mampu mengalahkan Portugal, Prancis bukan saja menuntaskan revans kekalahan di partai final lima tahun lalu, tetapi juga mengunci status juara Grup F.

Tapi Portugal juga bisa melompat jadi juara Grup F jika mengalahkan Prancis dan di laga lain Jerman gagal menang melawan Hongaria.

Jerman akan lolos sebagai juara Grup F jika mengalahkan Hongaria dan di laga lain Prancis imbang atau kalah melawan Portugal.

Hongaria paling optimal hanya bisa lolos sebagai runner-up Grup F jika mengalahkan Jerman dan di laga lain Prancis menang atas Portugal.

Keempat tim masih bisa lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, tapi peluang itu tentunya akan semakin rumit sebab saat pertandingan terakhir Grup F dimainkan, lima grup lainnya pasti sudah merampungkan laga penyisihan.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar