Kabupaten Kuningan miliki 47 desa wisata

id Desa wisata,kabupaten kuningan,kuningan miliki 47 desa wisata

Kabupaten Kuningan miliki 47 desa wisata

Perajin saat membuat cinderamata untuk oleh-oleh wisatawan di Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (31/5/2021). (ANTARA/Khaerul Izan)

Kuningan (ANTARA) - Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terus mengembangkan destinasi wisata dan bahkan saat ini sudah memiliki 47 desa wisata dari target hanya 25, dan akan terus menggali potensi yang ada.

"Kami memiliki target mengembangkan 25 desa wisata. Tapi saat ini sudah 47 desa wisata dan ini melebihi target," kata Bupati Kuningan Acep Purnama di Kuningan, Senin.

Acep mengatakan meskipun sudah melebihi target desa wisata, namun pihaknya akan terus mendorong desa yang berada di Kabupaten Kuningan, agar dapat menata diri menjadi desa wisata.

Untuk itu, ia juga meminta kepada semua jajarannya dapat memanfaatkan kondisi alam yang indah, apalagi di Kabupaten Kuningan, dikelilingi perbukitan dan Gunung Ciremai.

Selain wisata alam kata Acep, masih banyak potensi yang ada dan masih bisa digali semaksimal mungkin, agar visi pariwisata maju berbasis desa dapat terealisasikan maksimal.

"Semua potensi akan kami gali, akan kami tumbuh kembangkan untuk membangun desa-desa kami menjadi desa wisata," tuturnya.

Acep juga mencontohkan satu desa di Kabupaten Kuningan, yang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Desa wisata yang dimaksud itu kata Acep, yaitu Desa Cibuntu, yang dahulunya adalah tempat eksplorasi atau galian C. Lantaran masyarakat sadar dan didukung oleh berbagai pihak maka Desa Wisata Cibuntu bisa menjadi seperti saat ini.

Acep mengatakan Desa Cibuntu berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Desa Wisata yang menerapkan konsep Community Based Tourism (CBT) kedua di Indonesia.

Selain itu juga pernah meraih sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

"Walaupun dulu tempat ini menjadi tempat eksplorasi atau galian, tetapi Allah masih memberi keberkahan. Alhamdulillah ditunjang dengan fasilitas yang memadai, ditambah tahun ini akan ada pembangunan fasilitas lainnya, seperti aula, joglo, mushola, dan fasilitas sarana dan prasarana lainnya," katanya.