Jalan penghubung Baturaja-OKU Selatan putus total

id Jalan putus, penghubung OKU Selatan, pergerakan tanah, tanam tumbuh tumbang, jaringan listrik

Jalan penghubung Baturaja-OKU Selatan  putus total

Kondisi jalan putus di Desa Kungkilan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Arus lalu lintas di jalan penghubung Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dengan OKU Selatan di Desa Kungkilan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, putus totol akibat pergeseran tanah yang semakin meluas hingga memutus badan jalan. "Pergerakan tanah di lokasi sejak pagi tadi hingga saat ini masih terus terjadi sehingga dipastikan jalan menuju Kabupaten OKU Selatan putus totol," kata Camat Sosoh Buay Rayap, Ogan Komering Ulu (OKU), Amin Baladi di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan jalan amblas di Desa Kungkilan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap ini disebabkan hujan deras hingga menimbulkan pergerakan tanah yang terjadi dan terus meluas sejak pukul 08.30 WIB.

"Jalan yang bergeser ini sepanjang sekitar 200 meter dan lebar enam meter," katanya.

Selain jalan putus, kata dia, tanaman tumbuh di sepanjang lokasi jalan putus banyak yang tumbang akibat pergeseran tanah.

"Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi, Pemerintah Desa Kungkilan meminta pihak PLN Baturaja agar memadamkan aliran listrik untuk sementara waktu," katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Jalan dan Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Sumatera Selatan Indra bersama staf teknis saat meninjau kerusakan jalan mengatakan  pihaknya akan segera melaporkan bencana ini ke Pemerintah Provinsi Sumsel.

"Saat ini masih menunggu sampai tanah stabil karena sampai saat ini masih terus bergeser," ujarnya.