Dua atlet skateboard Indonesia ikuti babak kualifikasi Olimpiade ke AS

id skateboard,Olimpiade Tokyo,atlet skateboard

Dua atlet skateboard Indonesia ikuti babak kualifikasi Olimpiade ke AS

Skateboarder Indonesia Bunga Nyimas melakukan gerakan trik pada final taman putri Asian Games 2018 di arena roller sport Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (29/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi)

Jakarta (ANTARA) - Dua atlet skateboard Indonesia akan bertolak ke Amerika Serikat untuk mengikuti babak kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo.

Dua atlet, yakni Nyimas Bunga Cinta dan Basral Graito Hutomo dijadwalkan berlaga pada Dew Tour Des Monies 2021 di Des Moines, Iowa, Amerika Serikat, 16-23 Mei mendatang.

Pelatih timnas skateboard Indonesia Jo Jaya Charles Kusuma mengatakan Nyimas Bunga Cinta dan Basral Graito Hutomo akan bertolak ke AS pada 14 Mei.

Selain demi memburu tiket ke Tokyo, ajang tersebut juga sekaligus sebagai wadah bagi para atlet Indonesia menambah pengalaman bertanding dengan para pesaing dari seluruh dunia.

“Nyimas Bunga Cinta dan Basral Graito akan berburu tiket ke Olimpiade Tokyo di Amerika Serikat. Mereka akan tampil di nomor park dan street," kata Charles dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Basral merupakan peraih perak SEA Games 2019. Sedangkan Nyimas Bunga Cinta selain peraih perak SEA Games 2019, dia juga peraih perunggu Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Menurut Charles, Basral saat ini menduduki peringkat ke-128 dunia, sementara Nyimas berada di urutan ke-30. Kedua atlet tersebut harus mampu menembus 20 besar dunia demi bisa tampil di Olimpiade Tokyo, 23 Juli-8 Agustus nanti.

“Kalau dilihat berdasarkan peringkat yang paling berpeluang itu Nyimas Bunga Cinta. Dan saya optimistis Nyimas Bunga Cinta bisa mengejar peringkat ke-20," katanya.

Dew Tour Des Moines akan menjadi kejuaraan pertama pada 2021 dalam lanjutan kualifikasi Olimpiade Tokyo setelah satu tahun terhenti akibat pandemi COVID-19. Turnamen ini masuk dalam kategori pro tour untuk disiplin street dan park.

Kualifikasi Olimpiade untuk cabang skateboard akan berakhir pada 29 Juni mendatang.

Skateboard merupakan satu dari lima cabang olahraga yang akan debut di Olimpiade 2020 Tokyo. Selain skateboard, ada juga surfing, panjat tebing, karate, dan breakdancing.