Pertamina jamin stok BBM serta LPG selama Ramadhan hingga Idul Fitri

id pertamina,pertamina sumbagsel,stok bbm,bbm,lpg,ramadhan,stok lpg 3 kg,lpg 3 kg,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, palembang hari ini

Pertamina jamin stok BBM serta LPG  selama  Ramadhan hingga Idul Fitri

Pekerja mengangkut tabung LPG 3 Kg di salah satu agen LPG di Palembang, Sumsel, Jumat (14/1/2020). (ANTARA FOTO/Feny Selly/20)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II menjamin ketersediaan stok BBM dan LPG di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan di Palembang, Senin, mengatakan Pertamina memastikan stok BBM dan LPG saat ini dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari masyarakat Sumbagsel yang wilayahnya meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

Pertamina akan memantau suplai, distribusi serta penjualan BBM dan LPG. Jika masih diperlukan, Pertamina akan menambah stok dan penyaluran BBM serta LPG sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Untuk produk subsidi dan penugasan, akan dilakukan penyaluran fakultatif dan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan Pemerintah," kata Umar.

Untuk menghadapi lonjakan permintaan LPG, Pertamina akan melakukan penguatan stok di pangkalan, menyiapkan agen dan pangkalan siaga yang beroperasi selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H.

Pertamina telah menyiapkan sejumlah proyeksi kebutuhan dan apabila diperlukan Pertamina juga menyiagakan pasokan LPG fakultatif, yakni pasokan tambahan yang sewaktu-waktu dilakukan sesuai kebutuhan.

"Pertamina juga memastikan keandalan saranan dan prasarana BBM dan LPG, ketercukupan SDM termasuk Awak Mobil Tanki (AMT) dan semua Mobil Tanki (MT) serta infrastruktur dalam kondisi siaga penuh," kata Umar.

Pada bulan Maret 2021, tercatat konsumsi BBM Non Subsidi jenis Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) sekitar 5.128 Kiloliter atau naik sekitar 6,8 persen dari konsumsi normal harian Februari 2021. Untuk konsumsi BBM Non Subsidi jenis Gasoil (Dex, Dexlite) pada Maret 2021 sebesar 171 Kiloliter atau meningkat 14 persen dari konsumsi normal harian bulan Februari 2021.

Untuk LPG PSO 3 Kg, pada bulan Maret 2021 konsumsinya adalah 1.769 MT atau naik sekitar 0,4 persen dari konsumsi normal harian Februari 2021. Sementara, konsumsi LPG Non PSO di bulan Maret 2021 konsumsinya adalah sebesar 203 MT atau naik sebesar 0,9 persen dari konsumsi normal harian Februari 2021.

Pertamina menghimbau masyarakat yang tidak masuk dalam kategori penerima subsidi untuk menggunakan Bright Gas 5,5 Kg dan Bright Gas 12 Kg sehingga penggunaaan LPG Subsidi 3 Kg benar-benar tepat sasaran, yakni untuk masyarakat pra sejahtera dan usaha mikro.