Kantor pos Palembang salurkan BST Rp251 miliar

id Kantor pos palembang,Bst palembang, bst muba,bst oki, bwt oi, bst banyuasin,Bst COVID-19 palembang,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, inf

Kantor pos Palembang salurkan BST  Rp251 miliar

Arsip-Proses penyaluran BST di Kantor Pos Palembang, Senin (12/4) (ANTARA/Aziz Munajar/21)

Palembang (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Palembang telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial senilai Rp251 miliar selama 13 bulan masa pencairan sejak April 2020 untuk warga terdampak COVID-19.

Kepala Kantor Pos Cabang Palembang Risdayanti di Palembang, Kamis, mengatakan BST senilai Rp300.000 per bulan per keluarga penerima manfaat (KPM) tersebut disalurkan di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Banyuasin.

"Jumlah penerima tahap pertama sekitar 79.000 KPM, sedangkan tahap terakhir 25.000 KPM," ujarnya.

Menurut dia, jumlah KPM menyusut karena Kemensos merevisi data secara berkala, KPM dihapuskan jika tidak masuk lagi kriteria penerima, meninggal, kartu keluarga tunggal, pindah domisili atau mengeluarkan diri dari kepesertaan BST.

Ia menyebut proses penyaluran BST selama 13 bulan itu dilakukan di 30 kantor unit layanan dan berlangsung lancar, berbagai hambatan hanya terjadi pada penyaluran tahap pertama karena KPM banyak yang belum menyiapkan administrasi penerimaan.

Selama 13 bulan penyaluran itu, 10 persen BST disalurkan dengan diantar langsung (jemput bola), karena KPM berusia lanjut (lansia) atau KPM berada di lokasi yang sulit dijangkau dari kantor layanan.

"Termasuk wilayah-wilayah perairan juga kami antarkan langsung BST-nya, seperti di Kecamatan Lalan Muba," katanya.

Ia juga memastikan proses penyaluran selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sementara BST yang disalurkan pada April 2021 menjadi pencairan terakhir karena Kemensos tidak memperpanjang penyaluran BST.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar