Penyelamatan penyu hijau yang terkena pancing warga

id seksi konservasi singkawang,penyu hijau,penyelematan penyu,konservasi penyu

Penyelamatan penyu hijau yang terkena pancing warga

Penyu Hijau yang dilepas kembali oleh Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang yang sebelumnya sempat tertangkap oleh nelayan. (ANTARA/Rudi)

Pontianak (ANTARA) - Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto, mengatakan pihaknya telah menyelamatkan seekor Penyu Hijau yang sebelumnya terkena pancing warga di sekitar Muara Sungai Kuala Singkawang, Kalimantan Barat.

"Iya memang benar kita telah mengamankan dan menyelamatkan seekor Penyu Hijau yang tertangkap oleh nelayan. Penyu tersebut terkena pancing warga di sekitar Muara Sungai Kuala Singkawang," kata dia di Singkawang, Senin.

Atas informasi masyarakat, pihaknya mendatangi nelayan tersebut dan penyu itu diselamatkan oleh BKSDA Kalbar Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang bersama nelayan, ketua RT, dan babinsa.

"Penyu tersebut kita lepaskan di lokasi Pantai Gratis dekat PLTU sekitar pukul 15.00 WIB kemarin," ujarnya.

Wikipedia menyebut Penyu Hijau (Chelonia mydas) adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Namanya didapat dari lemak berwarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka.

Jumlah Penyu Hijau semakin berkurang karena banyak diburu untuk diambil pelindung tubuhnya (karapaks dan plastron) sebagai hiasan, telurnya sebagai sumber protein tinggi dan obat, juga dagingnya sebagai bahan makanan.