Pemkot Palembang dorong tiap kelurahan miliki TPS terpadu

id pemkot palembang,palembang,kota palembang,tpa sukawinatan,sampah,tps 3r,Pemkot Palembang dorong kelurahan miliki TPS,dor

Pemkot Palembang dorong tiap kelurahan miliki TPS  terpadu

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau TPA Sukawinatan di Palembang, Rabu (3/2). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mendorong tiap kelurahan memiliki Tempat Pengelolaan Sampah terpadu yang menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu, mengatakan, upaya ini dianggap sebagai solusi jitu untuk mengurangi volume sampah yang dikirimkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan.

“Saat ini baru ada 21 unit TPS-3R, rencananya ditambah 107 unit lagi agar di tiap-tiap kelurahan memilikinya,” kata dia.

Pengelolaan sampah dengan konsep 3R, yakni upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle), selama ini telah berhasil mengurangi volume sampah Kota Palembang yang tercatat 1,2 juta ton per hari.

Berkat adanya kegiatan pengolahan sampah terpadu ini, membuat hanya sekitar 800 ton yang dikirimkan ke TPA Sukawinatan.

Namun, jika TPS-3R ini terus ditambah, dirinya optimistis bakal lebih banyak mengurangi volume sampah yang dikirimkan ke TPA tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Alex Fernandus mengatakan adanya lonjakan sampah di Kota Palembang dalam beberapa tahun terakhir menjadi perhatian serius pemkot.

Ia tak menyangkal bahwa kapasitas TPA Sukawinatan di atas lahan 25 Hektare semakin tergerus, sehingga pemkot telah menyiapkan lokasi lain yakni di TPA Karyajaya.

“Kami merencanakan dalam 3-4 tahun ke depan bisa benar-benar pindah ke TPA Karyajaya yang memiliki lahan seluas 45 Hektare, saat ini yang terpakai kurang lebih 10 Hektare,” kata dia.