Tantangan bermusik saat pandemi bagi Segara

id segara,ebiet g ade,adera,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Tantangan  bermusik saat pandemi bagi Segara

Penyanyi Segara. (Instagram/segara_ega)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi solo Segara Banyu Bening mengungkapkan sederet tantangan untuk beradaptasi dan terus bermusik di tengah masa pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan terakhir.

Pria yang akrab disapa Segara itu mengatakan, tampil langsung secara virtual, dimana musisi harus menyapa penonton yang menyaksikan dari balik layar masih sulit baginya untuk merasa terbiasa.

"Beberapa kali gig virtual, dan kalau masalah penyesuaian untuk tampil, memang sulit, karena sangat berbeda, dan aku sendiri masih berusaha menyesuaikan," ungkap Segara kepada ANTARA, Kamis (19/11).

Menurut pelantun lagu "Yunani" itu, musisi ketika tampil di depan penonton adalah memberi dan menyerap energi. Dan sekarang, musisi hanya bisa menghadap kamera dan tidak ada energi yang bisa diserap.

"Kalau masalah manggung, aku masih mencoba menyesuaikan. Kadang-kadang, penonton enggak sadar kalau tepuk tangan, dan interaksi bersama musisi di atas panggung itu untuk kita saling bertukar energi," ujar putra bungsu Ebiet G Ade itu.

Namun, di sisi lain, pandemi membuatnya semakin produktif untuk membuat lagu-lagu baru. Menurutnya, pandemi yang menuntut masyarakat di rumah saja, merupakan momen tepat bagi pekerja seni termasuk musisi, untuk memproduksi karya sebanyak-banyaknya.

Ketika disinggung mengenai apakah pandemi membuatnya harus menunda beberapa proyeknya di tahun ini, Segara tak mengelak. Mulanya, ia berencana merilis tiga single.

"Tadinya tahun ini targetnya keluarin tiga lagu, tapi waktunya cepet banget tahu-tahu sudah akhir tahun. Mungkin karena kita terlalu terlena sama keadaan yang penuh sama ketidakpastian," ujarnya lalu tertawa.

Namun, Segara memastikan dirinya akan kembali merilis lagu-lagu baru di tahun 2021, mengingat dirinya juga produktif berkarya semasa pandemi.

Sementara itu, Segara baru-baru ini membuat ulang dan membawakan kembali lagu "Hati Selembut Salju" milik Jamal Mirdad, yang populer di era '80an.

Lagu "Hati Selembut Salju" dari Segara yang rilis sejak tanggal 4 September ini sudah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital termasuk Spotify hingga YouTube.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar