KPI Ogan Komering Ulu tanam 500 bibit pohon

id Tanam 500 bibit pohon, KPI OKU, lestarikan kawasan hutan, ajak masyarakat menanam, Peringati Hari Sumpah Pemuda

KPI Ogan Komering Ulu tanam 500  bibit pohon

Arsip- Pekerja merawat bibit pohon . ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/agr/aww

Baturaja (ANTARA) - Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menanam 500 bibit pohon di Bumi Perkemahan di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur guna melestarikan kawasan hutan setempat.

Ketua KPI Ogan Komering Ulu Mailan Tomy di Baturaja, Kamis, mengatakan penanaman pohon dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda 2020 sebagai wujud komitmen organisasi tersebut dalam melestarikan kawasan hutan.

Pihanya terus berupaya melakukan reboisasi untuk menyelamatkan puluhan hektare hutan yang berpotensi gundul akibat penebangan secara ilegal dengan cara menanam kembali pohon penghijauan.

 

KPI OKU menanam ratusan bibit pohon penghijauan. (ANTARA/Edo Purmana/20)
"Penanaman berbagai jenis bibit pohon ini perlu dilakukan karena manfaat hutan sangat banyak bagi kehidupan manusia antara lain adanya ketersediaan air, oksigen dan manfaat lainnya," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan reboisasi ini akan terus dikawal dan dimonitor secara berkala oleh KPI setempat guna memastikan bibit pohon yang ditanam benar-benar hidup hingga tumbuh besar.

Ia berharap, aksi ini bisa mendorong kepedulian seluruh warga setempat, khususnya kaum milineal, agar lebih peduli lingkungan dan bergerak untuk melakukan penanaman pohon.

"Karena kontribusi KPI yang hanya menanam 500 bibit pohon dirasa belum bisa menjangkau seluruh hutan yang ada di OKU (Ogan Komering Ulu) ini," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong masyarakat agar ikut bergerak menanam pohon guna melestarikan lingkungan sekitar.

"Apalagi sekarang sedang musim hujan sangatlah bagus untuk menanam pohon agar hutan kita tidak gersang," ujarnya.

 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar