KPI Ogan Komering Ulu dorong masyarakat gemar tanam pohon

id Menanam pohon, KPI OKU, ajak masyarakat menanam pohon, lestarikan lingkungan, 500 bibit pohon,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara h

KPI Ogan Komering Ulu dorong  masyarakat gemar tanam pohon

KPI Ogan Komering Ulu menanam pohon. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendorong masyarakat di wilayah itu gemar menanam pohon untuk melestarikan alam sekitar.

Ketua KPI Ogan Komering Ulu Mailan Tomy di Baturaja, Jumat, mengatakan pihaknya terus berupaya melakukan reboisasi untuk menyelamatkan puluhan hektare hutan yang berpotensi gundul akibat penebangan secara ilegal dengan cara menanam kembali ratusan bibit pohon penghijauan.

"Ya, belum lama ini kami juga melakukan penanaman sebanyak 500 bibit pohon di kawasan Bumi Perkemahan di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur," katanya.

Penanaman berbagai jenis bibit pohon ini perlu dilakukan karena banyak manfaat hutan bagi kehidupan manusia, antara lain terkait dengan ketersediaan air dan oksigen.

Ia menjelaskan reboisasi ini akan terus dikawal dan dimonitor secara berkala oleh KPI setempat guna memastikan bibit pohon yang ditanam benar-benar hidup hingga tumbuh besar.

Ia berharap, aksi ini bisa mendorong kepedulian seluruh warga setempat, khususnya kaum milineal, agar lebih peduli lingkungan dan bergerak untuk melakukan penanaman pohon.

"Karena kontribusi KPI yang hanya menanam 500 bibit pohon dirasa belum bisa menjangkau seluruh hutan yang ada di OKU (Ogan Komering Ulu) ini," katanya.

Ia berharap, kegiatan ini mendorong masyarakat ikut bergerak menanam pohon guna melestarikan lingkungan sekitar.

"Apalagi sekarang sedang musim hujan sangatlah bagus untuk menanam pohon agar hutan kita tidak gersang," ujarnya.