Jejak Indonesia tanam 100 ribu bibit pohon produktif

id Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU, tanam ratusan ribu pohon, 100 ribu bibit pohon produktif, lestarikan kawasan hutan,berita sumsel, berita palembang

Jejak Indonesia tanam 100 ribu bibit pohon  produktif

LLH Jejak Bumi Indonesia melaksanakan gerakan menanam pohon. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan menanam 100 ribu bibit pohon produktif di sembilan kabupaten/kota di Sumsel.

"Kegiatan ini akan kami laksanakan pada pertengahan bulan ini," kata Pendiri LLH Jejak Bumi Indonesia Ogan Komering Ulu (OKU) Hendra Setyawan di Baturaja, Kamis.

Gerakan menanam ratusan ribu bibit pohon ini akan dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota di Sumsel meliputi OKU, OKU Selatan, Lahat, Muaraenim, Empat Lawang, OKU Timur, Ogan Ilir, OKI dan Kota Pagaralam.

Proses tanam akan melibatkan seluruh anggota Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU dan mitra binaan di beberapa daerah di Sumatera Selatan.

Adapun jenis bibit pohon unggul dan produktif yang akan ditanam mulai dari alpukat, durian, pinang, aren, manggis hingga buah duku dan buah-buahan lainnya.

"Untuk jenis kayu khas Sumsel yang akan kami tanam meliputi bibit pohon Damar, Merbau dan Cempaka," kata dia.

Hendra menjelaskan, selain untuk melestarikan kawasan hutan, kegiatan menanam pohon ini juga dilaksanakan guna meningkatkan perekonomian masyarakat melalui hasil panen produksi tanaman yang ditanam tersebut.

Pada September 2021 nanti pihaknya akan kembali menanam puluhan ribu bibit bambu guna meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya mitra binaan LLH Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU.

"Karena panen pohon bambu ini lebih cepat dari jenis tanaman lainnya dan pemasarannya juga sangat mudah," ujarnya.