Havertz tinggalkan kamp latihan Jerman jelang transfer ke Chelsea

id Kai Havertz,Chelsea,Bayer Leverkusen,Liga Premier,transfer pemain,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, p

Havertz tinggalkan kamp latihan Jerman jelang transfer ke Chelsea

Pemain Bayer Leverkusen Kai Havertz diperkirakan akan pindah ke Chelsea dalam waktu dekat.(REUTERS/POOL New)

Jakarta (ANTARA) - Kai Havertz dikabarkan telah meninggalkan kamp pelatihan timnas Jerman untuk terbang ke London menjelang transfernya ke Chelsea.

Gelandang Bayer Leverkusen itu akan bergabung dengan Chelsea dari tim Bundesliga setelah memecahkan rekor transfer The Blues dengan nilai 80 juta euro (sekitar Rp1,39 triliun) plus angsuran 20 juta euro (sekitar Rp349 miliar) pada Kamis, menurut laporan Sky Sports di Jerman pada Jumat.

Bayer Leverkusen dan tim Panzer telah mengonfirmasi kepergian Havertz pada Jumat pagi, dengan klub berterima kasih kepada tim nasional atas kerja samanya.

"Saya bertukar pikiran dengan Oliver Bierhoff dan Jogi Low selama beberapa hari terakhir," kata direktur olahraga Bayer Leverkusen Rudi Voller.

"Mereka memahami situasi khusus pemain dan juga kami sebagai klub."

"Kami berterima kasih kepada pelatih nasional bahwa Kai sekarang dapat menyelesaikan proses (transfer) dengan dukungan kami di lokasi di London."

Namun, masih belum jelas apakah Havertz akan dapat bergabung kembali dengan skuat Jerman untuk pertandingan UEFA Nations League pada Senin dini hari WIB melawan Swiss.

"Masa depan adalah milik Kai - di klub dan di tim nasional," kata direktur timnas Jerman Oliver Bierhoff. "Tentu saja kami lebih suka bila ia bisa berkonsentrasi penuh di tim nasional pada awal musim internasional yang baru."

"Namun, kami menyadari pentingnya bagi Bayer 04 Leverkusen dan Kai dan kami ingin menyelesaikannya secara bertanggung jawab. Di saat yang sama, ini adalah suatu kehormatan dan pengakuan bagi sepak bola Jerman ketika pemain muda mereka diminati di klub-klub internasional papan atas."

"Pengalaman yang dikumpulkan para pemain ini di luar negeri - baik dalam hal olah raga dan pengembangan pribadi - juga bisa menguntungkan tim nasional," tambah Bierhoff.

Rekor transfer Chelsea sebelumnya dipegang oleh kiper Kepa Arrizabalaga saat didatangkan dari Athletic Bilbao dengan nilai 71,6 juta poundsterling pada 2018.

Havertz akan menjadi rekrutan ketujuh Frank Lampard pada musim panas, menyusul kedatangan Timo Werner, Hakim Ziyech, Ben Chilwell, Thiago Silva, Malang Sarr dan Xavier Mbuyamba.

Sebagai bagian dalam kesepakatan transfer Havertz, Chelsea telah menawarkan Leverkusen untuk meminjam salah satu pemain anyar mereka, Malang Sarr selama satu musim.