Koeman tinggalkan Belanda untuk Barca

id ronald koeman, timnas belanda, barcelona fc,pelatih barcelona

Koeman tinggalkan Belanda untuk Barca

Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman saat melakukan konferensi pers menjelang pertandingan final UEFA Nations League 2019. (www.uefa.com)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman diperkirakan akan menyelesaikan negosiasi kontrak tiga tahun untuk menangani Barcelona, demikian laporan media Belanda, Selasa.

Koeman mempunyai klausul dalam kesepakatannya dengan asosiasi sepak bola Belanda KNVB yang mengizinkannya memutus kontrak jika ia menerima tawaran dari Barcelona, klub tempat ia bermain dan memulai karir melatihnya dengan menjadi asisten Louis van Gaal.

Pelatih berusia 57 tahun itu tidak merahasiakan fakta bahwa Barcelona akan menjadi pekerjaan impian dan media Belanda mengatakan Koeman merasa “sekarang atau tidak pernah" menerima tawaran dari raksasa Catalan itu.

Baca juga: Barca resmi pecat pelatih Quique Setien

Keputusannya dipermudah oleh ketidakpastian mengenai masa depan sepak bola internasional di tengah pandemi virus corona, dengan pertandingan Liga Negara bulan depan di bawah ancaman dari peningkatan infeksi baru COVID-19 di seluruh Eropa, ditambah penundaan Kejuaraan Eropa ke tahun depan.

Quique Setien dipecat sebagai pelatih Barcelona pada Senin setelah mereka dipermalukan dengan kekalahan 2-8 oleh Bayern Munich dalam pertandingan perempat final Liga Champions.

Baca juga: Alami cedera lutut, penjaga gawang Barca Marc-Andre ter Stegen segera jalani operasi

Koeman akan dihadapkan dengan pekerjaan utama membangun kembali setelah Barca finis di urutan kedua dalam La Liga di bawah sang juara Real Madrid dan disingkirkan dari Copa del Rey pada babak perempat final oleh Athletic Bilbao.

Bagi asosiasi Belanda, kepergiannya yang akan datang adalah pukulan besar. Koeman mempunyai kontrak hingga Piala Dunia di Qatar pada 2022 dan memimpin tim ke kualifikasi Kejuaraan Eropa setelah mereka tidak lolos pada Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Pelatih tim nasional putri Belanda Sarina Wiegman yang ditunjuk pekan lalu menggantikan Phil Neville sebagai pelatih Inggris mulai tahun depan setelah menandatangani kontrak empat tahun, demikian Reuters.

Baca juga: Lionel Messi dikabarkan ingin segera tinggalkan Barca
Baca juga: City dan United didesak untuk tarik Lionel Messi dari Barcelona