17 desa di Sumatera Selatan segera nikmati jaringan internet

id internet ,internet desa,pemprov sumsel,sumatera selatan,pandemi covid-19,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sums

17 desa di Sumatera Selatan segera  nikmati  jaringan internet

Sejumlah anak mengerjakan tugas pelajaran dari sekolah mereka dengan memanfaatkan fasilitas internet desa di Desa Banyuanyar, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 17 desa di Sumatera Selatan segera menikmati jaringan internet sebagai tindak lanjut dari program pemerintah daerah yang telah dimulai sejak November 2019.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Achmad Rizwan di Palembang, Kamis, mengatakan, pada program ini setidaknya telah ada 34 desa dari 170 desa yang ditargetkan dapat mengakses internet dari desa.

Kecepatan internet yang bisa diakses oleh warga desa tersebut yaitu 5 Mbps dengan dua titik hotspot (pancaran internet) yakni di kantor desa dan area publik di desa.

Baca juga: Jenazah dua bocah tewas dibunuh ayah tiri di sekolah Global Prima Medan tiba di rumah duka

"Rencana internet desa diluncurkan di awal tahun tapi karena pandemi COVID-19 sehingga harus tertunda. Tahun ini juga akan segera kita bangun, bisa fiber optic (FO) atau dengan VSAT," kata dia.

Sejauh ini internet desa yang ditujukan untuk pengelolaan web desa ini sudah dinikmati di 12 kabupaten dan kota di Sumsel.

Sementara itu, empat kabupaten lainnya yakni Empat Lawang, Musi Rawas Utara, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Ogan Komering Ulu Selatan belum bisa dijalankan program internet desa karena terkendala letak geografis daerah.

Baca juga: Bocah asal Palembang berkurban dari hasil tabungan

"Untuk Musi Banyuasin tidak mengusulkan. Internet desa ini pengadaannya memang diusulkan dari daerah masing-masing," kata dia.

Ia menjelaskan, sebenarnya program internet desa ini sudah diinstruksikan kepada kepala daerah seperti bupati dan wali kota di Sumsel namun memang belum ada tindak lanjut dari daerah masing-masing.

Baca juga: Gubernur bangga hasil karya seni siswa Palembang

"Di kabupaten kota memang belum jalan. Tapi, setiap tahun akan ada tambahan pembangunan internet desa," ujar dia.

Di masa pandemi ini, Ahmad menyebutkan, belum ada bantuan berupa modem untuk daerah yang belum memiliki internet desa.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar