Sekda Palembang bacakan sajak saat peringati Hari Puisi 2020

id Hari puisi indonesia, peringatan hari puisi indonesia, penggiat sastra di palembang peringati hari puisi , seniman dan p

Sekda Palembang bacakan sajak saat peringati Hari Puisi 2020

Pegiat sastra peringati hari puisi secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan antisipasi COVID-19 di rumah pribadi Sekda Palembang Ratu Dewa, di Palembang, Minggu (26/7). (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa membacakan sajak berjudul 'Do'a' karya Taufik Ismail dan 'Aku' karya Chairil Anwar di hadapan sejumlah penyair, seniman, sastrawan, dan wartawan di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu pada Hari Puisi Indonesia.

Hari Puisi Indonesia diperingati penggiat sastra secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan antisipasi COVID-19 di rumah pribadi Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Minggu pagi.

Sekda Palembang mengatakan peringatan Hari Puisi Indonesia pada tahun ini dilakukan secara spontan di rumahnya sebagai respon cepat atas penawaran Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam, Edwin Fast.

"Saya kemarin Sabtu (25/7) mendapat telepon dari Edwin yang mengajak dirinya untuk membaca sajak pada peringatan hari puisi hari ini, tawaran itu spontan langsung diterima dengan mengajak sarapan bersama di rumah," ujarnya.

Menurut Dewa, dia sangat mendukung kegiatan penyair, seniman, dan sastrawan di Bumi Sriwijaya ini dan berupaya melakukan pembinaan dan menyiapkan taman budaya sebagai panggung pementasan seni budaya.

Cukup banyak penyair, seniman, dan sastrawan muda berbakat di kota ini yang tidak kalah bagusnya dengan yang ada di luar Sumsel, untuk itu dia juga mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat melakukan pembinaan dan memberikan perhatian serta dukungan agar mereka bisa berkembang dan meraih prestasi secara nasional bahkan internasional, ujar Dewa.

Sementara Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast mengatakan Hari Puisi Indonesia (HPI) diperingati oleh penggiat sastra di Sumsel dan berbagai daerah lainnya pada setiap tanggal 26 Juli.

Hari Puisi Indonesia ditetapkan bertepatan pada tanggal lahirnya sang penyair Indonesia, Chairil Anwar di Medan pada 26 Juli 1922.

Untuk menyemarakkan peringatan HPI tahun 2020 ini, selain melakukan kegiatan bersama pejabat Pemkot Palembang, pihaknya juga merencanakan puncak acara hari puisi di Museum Nasional pejuang Sumsel dr A.K Gani di kawasan Jalan M.P Mangkunegara, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Palembang pada 9 Agustus 2020.

Dalam kegiatan tersebut akan digelar acara baca puisi, drama monolog, dan musikalisasi puisi.

Akan tampil membaca puisi beberapa budyawan, penyair, penggiat seni dan pemerhati kesenian seperti Anto Narasoma, Toton Da’i Permana, Vebri Al-Lintani, Bambang Purnomo, Yos Ellyas, Suparman Roman, Ny.Cahyo GI, PriyantiGani, Antoni Ansori, dan J.J Polong.