Siswa SMA di OKU lulus seratus persen

id siswa corat coret baju,siswa sujud syukur lulus,aksi corat coret,un sm,kelulusan siswa

Siswa SMA di OKU lulus seratus persen

Ribuan siswa SMA di OKU semuanya dinyatakan lulus. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 2.389 orang siswa sekolah tingkat SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, dinyatakan lulus seratus persen untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Seluruh siswa SMA di Kabupaten OKU yang berjumlah 2.389 orang dinyatakan lulus," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Ogan Komering Ulu (OKU), Budi Taryono di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, pengumuman kelulusan siswa SMA ini dilakukan secara daring pada 2 Mei 2020 mulai pukul 19.00 WIB.

Menurut dia, kelulusan siswa tahun ini tidak berdasarkan pada Ujian Nasional (UN), baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

"Namun, kelulusan siswa berdasarkan Prosedur Operasional Sekolah (POS) masing-masing sekolah dan mengacu pada Peraturan Mendikbud Nomor 43 Tahun 2019 dan Rapat Dewan Pendidik," ungkapnya.

Dia mengemukakan pengumuman kelulusan ini dilakukan secara daring atau online untuk mencegah pengumpulan orang dalam jumlah banyak guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Selain itu, pengumuman dengan cara daring ini juga guna mengantisipasi adanya pelajar yang menggelar konvoi di jalan raya di tengah pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah sebanyak 2.389 siswa dari 29 SMA negeri dan swasta yang ada di Kabupaten OKU dinyatakan lulus," katanya.

Penentuan kelulusan siswa ini antara lain yaitu telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran, memiliki nilai sikap atau kelakuan minimal baik dan mengikuti ujian satuan pendidikan.

Ia berharap para pelajar tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan tetap berada di rumah dalam merayakan kelulusan bersama keluarga.

"Jadi tidak perlu menggelar pesta kelulusan apalagi konvoi di jalan raya untuk mencegah penyebaran virus Corona," ujarnya.*