Atalanta lanjutkan debut cemerlang di Liga Champions, hantam Valencia

id atalanta,valencia,liga champions,hans hateboer,remo freuler,josip ilicic,denis cheryshev

Atalanta lanjutkan debut cemerlang di Liga Champions, hantam Valencia

Bek Atalanta Hans Hateboer merayakan gol kedua yang dicetaknya ke gawang Valencia dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan, Rabu (19/2/2020). (ANTARA/AFP/VINCENZO PINTO)

Jakarta (ANTARA) - Atalanta menghantam Valencia 4-1 dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Italia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), demi melanjutkan torehan cemerlang bagi tim debutan kompetisi kasta tertinggi Eropa tersebut.

La Dea menutup babak pertama dengan keunggulan meyakinkan lewat gol Hans Hateboer dan Josip Ilicic. Remo Freuler menegaskan keunggulan Atalanta pada babak kedua yang disusul gol kedua Hateboer, sebelum Valencia membalas lewat gol tunggal Denis Cheryshev, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati menang, tim besutan Gian Piero Gasperini jelas tak boleh merasa sudah lolos sebab Barcelona jadi pelajaran penting dalam bab gagal memanfaatkan modal kemenangan leg pertama hanya untuk kemudian tersingkir karena dibalikkan oleh lawannya. Terlebih lagi, leg kedua nantinya akan digelar di Stadion Mestalla, kandang Valencia yang punya bekal berupa satu gol tandang walau nantinya diwajibkan menang 3-0 atau lebih baik lagi untuk bisa membalikkan keadaan.

Tuan rumah menggebrak sejak awal dan mendapatkan peluang bagus pertama saat upaya Mario Pasalc dapat digagalkan kiper Valencia Jaume Domenech pada menit kedelapan.

Tetapi sang kiper tidak dapat berbuat banyak pada menit ke-16 saat Hateboer mampu melewati Jose Gaya untuk menyambut umpan silang Alejandro Gomez dan membawa timnya memimpin.

Valencia hampir mampu segera membalas gol tersebut pada menit ke-30, ketika sepakan keras Ferran Torres mengenai tiang kiri gawang Pierluigi Gollini. Peluang selanjutnya juga menjadi milik tim tamu melalui sepakan melebar Goncalo Guedes.

Gagal mencetak gol balasan justru gawang Valencia yang harus kembali kemasukan menjelang turun minum, saat sepakan keras Ilicic bersarang ke sudut kanan atas gawang Jaume.

Keunggulan dua gol belum membuat pasukan Gian Piero Gasperini puas. Mereka kemudian mengemas gol ketiga saat sepakan Freuler dari luar kotak penalti melesak tajam ke gawang Valencia.

Penyerang Valencia Maximiliano Gomez gagal memanfaatkan peluang bagus yang dimilikinya, sebelum Hateboer mengemas gol keduanya di laga ini saat ia lepas dari perangkap offside dan sukses memaksimalkan operan Pasalic untuk membawa Valencia memimpin empat gol.

Cheryshev membukukan satu gol balasan untuk Valencia saat ia baru berada di lapangan selama dua menit, namun gol itu hadir sangat terlambat dan tidak berpengaruh pada kemenangan meyakinkan tim asal Bergamo.

Pertandingan leg kedua antara Valencia menjamu Atalanta akan dimainkan di Stadion Mestalla, Valencia, tiga pekan lagi.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Atalanta (3-4-1-2): Pierluigi Gollini, Raael Toloi, Mattia Caldara (Duvan Zapata 75'), Jose Luis Palomino, Hans Hateboer, Marten de Roon, Remo Freuler, Robin Gosens, Mario Pasalic, Josip ilicic, Alejandro Gomez (Ruslan Malinovsky 81')

Valencia (4-4-2): Jaume, Daniel Wass, Mouctar Diakhaby, Eliaquim Mangala, Jose Gaya, Ferran Torres, Daniel Parejo, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler, Goncalo Guedes (Denis Cheryshev 64'), Maximiliano Gomez (Kevin Gameiro 73') 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar