Pohon ukuran raksasa di Kediri tumbang diterjang angin

id pohon tumbang kediri,kediri hari ini,berita kediri,pemkot kediri

Pohon ukuran raksasa di Kediri tumbang diterjang angin

Sejumlah petugas bersiap memotong batang pohon trembesi ukuran raksasa yang tumbang di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (10/2/2020) petang. (ANTARA/ HO)

Kediri (ANTARA) - Pohon berukuran raksasa di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin petang, tumbang dan melintang di jalan setelah diterjang hujan disertai angin kencang yang melanda daerah itu, sehingga arus lalu lintas kendaraan sempat terhambat.

"Tadi ada pohon tumbang di daerah Kecamatan Pesantren. Pohonnya ukurannya sangat besar, diameternya yang terbesar 50 centimer dan tumbang melintang di jalan raya," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Kediri Bambang Riadi di Kediri, Senin petang.

Pihaknya langsung ke lokasi pohon tumbang tersebut dengan tim. Sejumlah alat juga dibawa seperti gergaji mesin, dan berbagai alat untuk memangkas pohon yang jenisnya trembesi itu.

Petugas sempat kesulitan mengevakuasi batang pohon raksasa itu, mengingat diameternya cukup besar. Petugas juga dibantu anggota polisi, relawan dan warga sekitar segera membersihkan sisa dari reruntuhan pohon tersebut, sehingga jalan raya juga bisa dimanfaatkan lagi.

Lokasi pohon tumbang melintang di tengah jalan, yang ada di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri tersebut. Jalur itu merupakan jalur yang cukup padat dilalui kendaraan baik roda dua dan roda empat. Jalur itu juga menghubungkan ke jalur lain dari arah Kota Kediri ke Kabupaten Kediri serta Blitar.

Evakuasi pohon dilakukan dengan memotong batang pohon menjadi beberapa bagian. Ranting-ranting pohon dipangkas, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Evakuasi dilakukan setelah hujan reda.

"Berkat kerja sama dengan berbagai pihak, evakuasi berhasil dilakukan. Dan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri Adi Sutrisno mengimbau warga berhati-hati terutama jika terjadi hujan deras.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan peringatan dini di sejumlah provinsi di Indonesia, di mana sebanyak 14 provinsi berpotensi hujan petir dan angin kencang.

Sementara itu, wilayah lainnya berpotensi hujan disertai guntur atau petir, hujan sedang-lebat, dan angin kencang. Terdapat pula wilayah yang berpotensi gelombang tinggi dan kebakaran hutan atau lahan.

Untuk Jatim, beberapa daerah itu misalnya Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Lumajang, Bondowoso, dan sejumlah daerah lainnya.

BPBD Kota Kediri juga sudah melakukan imbauan untuk memangkas ranting pohon terutama di sekitar rumah yang bisa berpotensi ambruk saat hujan deras menjelang datangnya musim hujan.

"Kami minta warga untuk melakukan pengecekan pohon di sekitar rumah yang berpotensi ambruk, dikurangi daunnya, rantingnya demi mencegah pohon tumbang saat angin kencang maupun hujan deras," kata Adi.

Adi mengatakan pengecekan ranting pohon itu salah satu bentuk mitigasi secara mandiri. Selain itu, warga bisa melakukan pengecekan atap rumah, sekolah, saluran irigasi di lingkungan rumahnya, selokan, maupun sampah di sekitar rumah menjelang hujan.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar