Dinkes OKU canangkan program pemberian Vitamin A

id Program pemberian Vitamin A,Deddy Wijaya,Dinkes Ogan Komering Ulu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari

Dinkes OKU canangkan program pemberian Vitamin A

Ilustrasi - pemberian Vitamin A kepada anak (Istimewa)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencanangkan program pemberian Vitamin A bagi anak-anak mulai dari usia 6 bulan hingga 5 tahun.

"Bulan Vitamin A ini merupakan program rutin yang kami laksanakan setiap tahun di bulan Februari dan Agustus," kata Kepala Dinkes Ogan Komering Ulu Husni Thamrin melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Deddy Wijaya didampingi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, pemberian vitamin secara gratis ini dilakukan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin A bagi anak-anak di  kabupaten itu.

Tujuan pembagian vitamin secara gratis ini, kata dia untuk mencegah jangan sampai anak-anak khususnya balita kekurangan Vvtamin A.

"Ada dua jenis vitamin A yang dibagikan yaitu warna biru untuk bayi usia 6-11 bulan dan warna merah 1-5 tahun. Selain balita, ibu menyusui bayi hingga usia 42 hari juga mendapat vitamin A," ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam pembagian tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 30.525 balita  menerima vitamin A yang dibagikan melalui seluruh Puskesmas dan Posyandu di wilayah setempat.

"Target tahun ini harus tercapai 83 persen dengan jumlah balita yang mendapat vitamin A mencapai 30.525 orang atau lebih besar pencapaiannya dibandingkan 2019 lalu yaitu hanya sebanyak 30.455 balita," jelasnya.

Upaya yang dilakukan pihaknya untuk mencapai target tersebut dengan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui Puskesmas dan Posyandu yang tersebar di 13 kecamatan  agar seluruh balita mendapat vitamin A.

"Harapan kami seluruh balita diajak datang ke Posyandu untuk mendapat vitamin A sekaligus diukur status gizinya apakah stunting atau normal," ujarnya.