Aston Villa awali 2020 pecundangi Burnley dan tinggalkan zona merah

id aston villa,burnley,liga inggris,jack grealish,wesley,chris wood,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pa

Aston Villa awali 2020  pecundangi Burnley dan tinggalkan zona merah

Kapten Aston Villa Jack Grealish merayakan golnya ke gawang Burnley dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Aston Villa mengawali tahun 2020 dengan mempecundangi Burnley 2-1 kala melawat ke Stadion Turf Moor dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris pada Rabu demi untuk sementara meninggalkan zona merah.

Gol Wesley dan sang kapten Jack Grealish untuk Villa hanya bisa dibalas sekali oleh Burnley melalui Chris Wood, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu untuk sementara mengangkat posisi Villa keluar dari zona merah dan kini menempati urutan ke-16 dengan koleksi 21 poin, hanya terpaut tiga poin dari Burnley (24) yang berada dua strip di atas mereka.

Villa tampil agresif sejak sepak mula dan pada menit ke-13 sempat larut dalam selebrasi selepas Grealish menjebol gawang tuan rumah menanduk umpan silang Ezri Konsa Ngoyo, tetapi gol itu dianulir setelah konsultasi VAR karena Wesley terlebih dulu terjebak offside dalam proses serangan.

Pada menit ke-21 peluang bagi Villa datang lagi, tetapi kiper Nick Pope melakukan dua penyelamatan gemilang beruntun untuk tembakan Wesley dan Douglas Luiz.

Enam menit kemudian, kerja keras Villa akhirnya membuahkan hasil ketika umpan Grealish yang membentur pemain lawan malah jatuh ke hadapan Wesley yang tanpa kawalan dan melepaskan tembakan tak terbendung dari jarak dekat.

Villa terus menekan Burnley hingga akhirnya pada menit ke-41 Grealish menggandakan keunggulan tim tamu lewat tembakan keras yang meluncur ke pojok kiri atas gawang tanpa memberi kesempatan Pope melakukan antisipasi.

Selanjutnya peluang babak kedua Burnley berusaha bangkit pada babak kedua dan memperoleh peluang emas lima menit selepas sepak lanjut ketika bola sepak pojok gagal diamankan barisan pertahanan Villa dan James Tarkowski menyodorkannya untuk diselesaikan Jay Rodriguez, sayang tembakannya melambung di atas mistar gawang dari jarak dekat.

Peluang demi peluang terus diciptakan Burnley dan mereka baru memetik hasilnya pada menit ke-80 ketika Ashley Westwood mengirim umpan silang tajam yang disundul oleh Wood dari jarak dekat. VAR sempat memeriksa gol itu sebelum disahkan.

Burnley tak mampu mengikuti gol itu dengan momentum kebangkitan lebih jauh, malahan pada menit keempat injury time gawang mereka terancam lagi ketika Douglas Luiz dan Konsa melakukan umpan satu dua, beruntung Pope sigap mengantisipasi datangnya bahaya.

Akan tetapi, Burnley tetap menelan kekalahan dan Villa memboyong tiga poin penuh dari Turf Moor.


Susunan pemain:

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phil Bardsley, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Dwight McNeil, Ashley Westwood, Jack Cork, Robbie Brady (Johann Berg Gudmundsson); Chris Wood, Ashley Barnes (Jay Rodriguez)
Pelatih: Sean Dyche

Aston Villa (5-4-1): Tom Heaton (Orjan Nyland); Frederic Guilbert, Ezri Konsa Ngoyo, Tyrone Mings, Kortney Hause, Neil Taylor; Trezeguet (Conor Hourihane), Douglas Luiz, Marvelous Nakamba, Jack Grealish; Wesley (Jonathan Kodjia)
Pelatih: Dean Smith