Masyarakat antusias saksikan gerhana matahari di ITERA

id Gerhana Matahari ,Pengamatan fenomena alam,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Masyarakat antusias saksikan gerhana matahari  di ITERA

Anak-anak antusias menyaksikan gerhana matahari cincin secara langsung di pelataran ITERA menggunakan kacamata matahari yang disediakan panitia, Kamis (24/12/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Seratusan masyarakat antusias saksikan fenomena alam gerhana matahari cincin di pelataran Institut Teknologi Sumatra (ITERA) Lampung dengan menggunakan Teleskop yang telah disediakan oleh pihak kampus.

"Hari ini sengaja datang ke sini untuk menyaksikan gerhana matahari cincin bersama anak-anak," kata salah seorang warga, Arum (43), di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis.

Ia mengungkapkan bahwa baru sekali ini melihat langsung fenomena gerhana matahari menggunakan teleskop karena sebelumnya hanya menggunakan metode zaman dahulu.

"Dulu kan kalau melihat gerhana matahari pakai baskom diisi air, jadi mau coba liat langsung dengan alat yang lebih modern," tambah dia.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus karena dapat menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat bagaimana proses terjadi gerhana matahari dengan benar.

"Saya ke sini untuk mengisi liburan anak-anak juga untuk mengajarkan mereka tentang fenomena alam dan menyaksikan langsung," ungkapnya.

Sementara itu Panitia Kegiatan Isnaenda Ikhsan menyebutkan bahwa pihaknya menyediakan tujuh teleskop untuk mengamati fenomena gerhana matahari bersama.

"Teleskop yang kami sediakan tujuh unit dimana yang bisa digunakan untuk masyarakat umum itu 6 unit dan satu unit untuk melakukan siaran langsung melalui youtube," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini selalu dilakukan oleh ITERA baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan dengan tujuannya untuk mengajarkan masyarakat umum tentang mengamati fenomena alam tersebut dengan baik dan benar.