Baznas Palembang tingkatkan bantuan program bedah rumah

id baznas, bedah rumah, tingkatklan program bedah rumah

Baznas Palembang tingkatkan  bantuan program bedah rumah

Pengurus Masjid Agung Palembang dan Baznas Sumsel membagikan beras zakat fitrah kepada warga di Palembang, Kamis (14/6/18) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan bantuan program bedah rumah warga miskin yang dilaksankan Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir.

"Bantuan pembelian bahan bangunan yang biasanya dialokasikan Rp50 juta per unit untuk 10 hingga 20 rumah setiap tahunnya, akan diupayakan lebih banyak lagi pada tahun-tahun mendatang sesuai dengan peningkatan dana zakat yang dihimpun dari PNS/ASN dan masyarakat umum," kata Ketua Baznas Palembang, Said Marhadan di Palembang, Jumat.

Untuk meningkatkan jumlah warga miskin yang mendapat bantuan program bedah rumah, pihaknya berupaya menghimpun dana zakat dari warga dan pegawai di lingkungan Pemkot Palembang yang lebih besar.

Dana zakat yang masuk ke Baznas sekarang ini masih di bawah Rp5 miliar, jumlahnya bisa ditingkatkan karena berdasarkan perhitungan jumlah PNS/ASN dan warga yang tergolong mampu di kota ini bisa mencapai puluhan miliar rupiah.

Bagi pegawai dan warga kota setempat yang akan menyalurkan zakatnya diharapkan melalui Baznas sehingga pihaknya dapat mengelolanya sesuai dengan program yang telah dijalankan secara bersama-sama Pemkota Palembang.

Jika dana zakat yang bisa dihimpun maksimal sesuai dengan harapan, program bedah rumah bisa dijalankan dengan jumlah warga miskin yang menerima bantuan lebih banyak lagi.

"Selain dapat meningkatkan program bedah rumah, dengan banyaknya dana zakat yang dihimpun Baznas bisa ditingkatkan pula kegiatan sosial lainnya seperti khitanan massal, bantuan berobat dan sekolah kepada anak-anak dari keluarga miskin," kata Said.