Pemerintah perlu dorong perkembangan kesenian daerah

id seniman palembang,dewan kesenian,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemerintah perlu dorong perkembangan  kesenian daerah

Para pencipta lagu yang karyanya terpilih untuk dipublikasi dalam album lagu Palembang oleh pemerintah setempat. (ANTARA/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah provinsi Sumatera Selatan perlu mendorong keberadaan kesenian daerah sehingga seniman daerah memiliki kesempatan untuk maju dan berkembang, kata Ketua Dewan Kesenian Palembang Febry Al Lintani.

Apalagi potensi pekerja seni di Sumsel termasuk Kota Palembang cukup besar sehingga karyanya perlu terus didorong, kata Febry Al Lintani saat musyawarah kota dewan kesenian Palembang, Selasa.

"Bukan itu saja tetapi seniman Sumsel bisa terkenal bila mereka berkarya di luar provinsi sehingga permasalahan itu harus menjadi tantangan bersama karena seniman Palembang dan Sumsel kualitasnya memiliki potensi bagus sehingga diharapkan dapat melahirkan seniman-seniman terkenal berkelas nasional," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah perlu mendorong dan memfasilitasi seniman - seniman daerah sehingga mereka lebih leluasa dalam berkarya sekaligus daerah ini melahirkan seniman dikenal secara nasional, tambahnya.

Pemerintah ujarnya juga perlu menyiapkan fasilitas seperti diantaranya gedung kesenian sehingga seniman - seniman lebih leluasa dalam menyampaikan karya seninya.

Selain itu perlu dibuat Perda bidang kesenian sehingga ada regulasi sekaligus berkelanjutan dalam mengembangkan kesenian daerah, katanya.

Dia menilai, pembangunan bukan hanya berbentuk fisik dalam meningkatkan perekonomian saja tetapi juga harus diiringi budaya atau kesenian sebab bila pembangunan tidak dilengkapi kesenian maka keberadaan suatu kota dan daerah akan menjadi sepi.

"Oleh karena itu, mari bersama - sama mendorong kesenian dan budaya daerah sehingga kota Palembang akan semakin maju," tambahnya.

Sementara Sfat Ahli Wali Kota Palembang Bidang Pemerintahan, Sosial dan Masyarakat Herly Kurniawan mengatakan, memang semua pihak  di Palembang dan Sumatera Selatan didorong  memajukan kesenian daerah termasuk pemerintah. Oleh karena itu pihaknya terus mendorong agar kesenian di daerah ini akan semakin maju dan berkembang.