Sumatera Selatan siagakan Tagana antisipasi bencana

id tagana sumsel,mitigasi bencana,antisipasi bencana

Sumatera Selatan  siagakan Tagana antisipasi bencana

Arsip Foto. Taruna Siaga Bencana (TAGANA) melakukan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumsel. ANTARA/Nova Wahyudi

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung peningkatan kesiapsiagaan sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana banjir dan tanah longsor selama musim hujan.

"Ribuan sukarelawan Tagana yang ada di provinsi ini perlu meningkatkan kesiapsiagaan sebagai tindakan antisipasi agar jika terjadinya bencana banjir dan longsor dampak musim hujan dapat dengan cepat turun ke lokasi bencana untuk membantu penyelamatan jiwa dan harta benda korban," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar di Palembang, Sabtu.

"Dengan melakukan berbagai tindakan antisipasi, diharapkan dapat dicegah timbulnya banyak korban jiwa dan harta benda jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor selama musim hujan," ia menambahkan. 

Ia mengatakan bahwa di tingkat provinsi disiagakan sekitar 1.000 sukarelawan Tagana yang sewaktu-waktu bisa dikerahkan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan bencana, termasuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana.

Menurut dia, Tagana juga tersebar di daerah-daerah yang tergolong rawan bencana seperti Kabupaten Musi Banyuasin, Musirawas, Pagaralam, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir.

Para sukarelawan Tagana diturunkan untuk membantu warga di daerah terdampak bencana, termasuk membantu mengevakuasi korban serta menyalurkan bantuan bagi korban bencana.