Wabup OKU pimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019

id Sumpah pemuda OKU, wabup OKU

Wabup OKU pimpin  upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019

Wabup Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Pemkab OKU, Senin (28/10/2019). ANTARAl/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Johan Anuar memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 yang digelar di halaman kantor pemerintahan daerah setempat, Senin.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini di Kabupaten OKU dimaknai peran pemuda sebagai pelopor generasi penerus bangsa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tetap bersatu.

"Khususnya para pemuda di Kabupaten OKU ini diharapkan agar tetap menjaga NKRI jangan sampai terpecah belah," kata Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar di Baturaja, Senin.

Selain itu, kata dia, peran para pemuda di wilayah setempat juga dituntut untuk memberikan kontribusi kepada daerah seperti dalam mengawal pembangunan di Kabupaten OKU agar lebih maju.

"Karena selama ini ditangan pemudalah Indonesia dapat maju," katanya.

Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya yang dapat memperkuat pembangunan karakter, tangguh, kokoh dan ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia.

"Kalau generasi muda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur untuk menuju persatuan dan kesatuan bangsa yang patut dicontoh oleh seluruh pemuda di Kabupaten OKU," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan yang lebih baik.