PHRI Sumsel minta hotel tingkatkan kualitas pelayanan

id phri, phri sumsel, hotel, hotel dan restoran, kualitas pelayanan hotel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari i

PHRI Sumsel minta hotel  tingkatkan kualitas pelayanan

ilustrasi (foto Antara)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan meminta anggotanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Persaingan bisnis sekarang ini semakin ketat seiring terus bertambahnya hotel dan restoran baru terutama di Kota Palembang, jika tidak meningkatkan kualitas akan ditinggalkan pelanggan, kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Sabtu.

Selain kualitas pelayanan kepada pengguna jasa hotel dan penikmat makanan restoran, anggota PHRI juga didorong untuk menambah fasilitas pendukung terbaru sesuai dengan perkembangan zaman.

"Kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung perlu terus ditingkatkan, jangan cepat puas dengan apa yang telah dimiliki dan dicapai selama ini," ujarnya.

Pelayanan dan fasilitas pendukung yang telah baik perlu tetap dipelihara bahkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa hotel dan penikmat makanan restoran.

Selain itu, bagi pengelola hotel, peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung perlu terus dilakukan untuk menjaga kelas hotel yang diberikan selama ini tidak menurun.

Pengelola hotel jangan cepat puas dengan kondisi yang telah dicapai sekarang ini, kualitas baik yang dibuktikan dengan diperolehnya sertifikasi standar kelas bintang tertentu jika kualitas pelayanan dan fasilitas pendukungnya tidak dijaga akan ditinggalkan pelanggan dan dapat mempengaruhi penilaian standar kelas berikutnya.

Sertifikasi standar kelas hotel memiliki batas waktu tiga tahun, jika masa batas waktunya berakhir akan ditinjau ulang oleh tim PHRI apakah masih tetap layak menyandang kelas yang diberikan semula atau justru diturunkan kelasnya.

Sebagai gambaran hotel yang telah mengantongi sertifikasi kelas bintang bukannya tidak mungkin bisa diturunkan hingga ke kelas melati jika standar mutu manajemen, pelayanan, dan fasilitas pendukungnya tidak dipelihara dengan baik atau kualitasnya merosot tajam.

Sebaliknya tim juga akan memberikan apresiasi kepada pengelola yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas hotel dengan meningkatkan standar kelasnya misalnya dari bintang satu ke bintang dua atau lebih tinggi sesuai dengan standar yang ditentukan, ujar Herlan.