Bottas bukukan waktu tercepat di FP1 GP Jepang

id valtteri bottas,lewis hamilton,formula 1,formula one,formula1,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pal

Bottas bukukan waktu tercepat di  FP1 GP Jepang

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas di sesi latihan bebas Grand Prix Jepang, Sirkuit Suzuka, Jumat (11/10/2019) Reuters/Kim Hong-Ji

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Valtteri Bottas mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton, untuk menjadi pebalap tercepat di sesi latihan bebas pembuka Grand Prix Jepang, Jumat pagi.

Duo pebalap Mercedes itu, memanfaatkan paket upgrade baru mobil W10 mereka, lebih cepat hampir satu detik dari dua pebalap Ferrari Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, yang berada di peringkat tiga dan empat.

Bottas melahap trek sepanjang 5,807km Sirkuit Suzuka dalam waktu satu menit 28,731 detik, unggul tipis 0,076 dari Hamilton dan 0,989 detik dari Vettel, demikian laman resmi Formula 1.

Red Bull mengirim dua pebalapnya, Max Verstappen dan Alexander Albon di peringkat lima dan enam pagi itu.

Sesi kualifikasi GP Jepang akan diundur hingga Minggu pagi karena Topan Hagibis akan mendarat di Jepang pada Sabtu.

Jika kualifikasi tak memungkinkan digelar, posisi start akan ditentukan dari hasil sesi latihan bebas kedua (FP2).

Kemenangan bagi Hamilton di Jepang berarti hanya Bottas, yang saat ini terpaut 73 poin, yang masih berpeluang bertarung untuk titel juara dunia musim ini dengan empat balapan tersisa setelah Jepang.

Di tengah ancaman Topan Hagibis, suporter Jepang pagi itu menyaksikan pahlawan lokal Naoki Yamamoto mengendarai mobil F1 milik Pierre Gasly dari tim Toro Rosso di sesi FP1 sebelum menyerahkan kembali mobil itu ke sang pebalap asal Prancis tersebut di FP2.

"Aku bilang ke dia, nikmati dan pastikan kamu menikmati setiap lap. Dia orang yang sangat baik, sangat cepat, dan sangat bertalenta. Dia lebih paham Suzuka dari semua orang dan aku kira dari semua yang ada di planet ini," kata Gasly soal Yamamoto seperti dikutip AFP.

Yamamoto, juara Super Formula dan Super GT series itu menyelesaikan sejumlah lap dan mencatatkan waktu di peringkat ke-17 dengan waktu terbaiknya satu menit 32,018 detik, kurang dari sepersepuluh detik dari waktu rekan satu timnya, Daniil Kvyat.