PSSI buka jalan enam pemain Garuda Select merumput di Eropa

id garuda select,pssi,ratu tisha destria,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

PSSI buka jalan enam pemain  Garuda Select merumput di Eropa

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria memberikan keterangan mengenai Garuda Select angkatan kedua di Kedubes Inggris untuk Indonesia, Jakarta, Selasa (8/10/2019). (ANTARA/Michael Siahaan).

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka jalan bagi enam pemain Garuda Select periode Januari-Mei 2019 untuk merumput di klub-klub Eropa.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Gedung Kedubes Inggris untuk Indonesia di Jakarta, Selasa, salah satu jalannya adalah dengan memanggil para pemain tersebut, yakni yaitu Amiruddin Bagas, Amiruddin Bagus, Muhammad Fajar Faturrahman, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, dan David Maulana kembali untuk program Garuda Select tahap kedua yang digelar mulai Oktober 2019 di Inggris dan Italia.
 

“Mereka itu enam pemain terbaik di Garuda Select pertama yang dilakukan di Inggris. Kami memutuskan untuk mengikutkan mereka lagi demi membuka kembali peluang berkiprah di Eropa,” ujar Ratu Tisha.

Meski demikian, sekjen perempuan pertama PSSI itu mengingatkan bahwa jalan Amiruddin Bagas dan kawan-kawan untuk merumput di Benua Biru masih panjang.

Sebab, menurut Ratu Tisha, klub-klub Eropa tidak cuma melihat performa pemain di Garuda Select, tetapi juga di klub dan tim nasional.

“PSSI hanya membukakan pintu dan menyediakan fasilitas. Saat ini tinggal usaha dari mereka,” kata dia.

Saat memperkuat Garuda Select di Inggris pada Januari-Mei 2019, empat pemain, yakni Amiruddin Bagus, Brylian Aldama, Mochammad Supriadi dan Muhammad Fajar Faturrahman sempat mengikuti uji coba (trial) di klub Inggris Queen Park Rangers.

Akan tetapi, trial itu tidak berlanjut lebih jauh dan para pemain yang terlibat bergabung ke tim-tim Indonesia.

Sementara Direktur Program Garuda Select Dennis Wise memastikan Amiruddin Bagas dan kawan-kawan akan mendapatkan program yang sama dengan para pemain lain selama menjalani program serupa angkatan kedua.

“Mereka kembali ke Garuda Select karena sudah menunjukkan bakat besar. Anak-anak itu akan mendapatkan program pengembangan yang sama dengan rekan-rekannya, tidak banyak perubahan. Namun, yang pasti, mereka terpilih lagi karena mereka memiliki bakat besar,” tutur Dennis.

Sebanyak 24 pemain memperkuat tim Garuda Select angkatan kedua yang diberangkatkan ke Inggris dan Italia untuk berlatih serta bertanding selama kurang lebih lima bulan terhitung sejak Oktober 2019.

Tidak seperti 18 pemain Garuda Select yang bertolak ke Inggris pada Rabu (9/10) malam, keenam pemain alumni Garuda Select pertama berangkat setelah memperkuat tim nasional U-19 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada 6-10 November 2019 di Jakarta.

Seluruh pemain Garuda Select akan berbasis di Birmingham, Inggris, sama seperti Garuda Select sebelumnya. Di sana, mereka berlatih, mengembangkan semua aspek sepak bola termasuk fisik dan taktik serta bertanding dengan tim-tim muda klub-klub Inggris.

Di Italia, Garuda Select direncanakan tinggal selama sekitar sebulan untuk berlaga dengan tiga tim yang berbeda.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar