Zhang Zhou Fujian Tiongkok jajaki kerja sama dengan Palembang

id Palembang Tiongkok, kerja sama Palembang Tiongkok, Zhang Zhou Tiongkok

Wali Kota Palembang Harnojoyo (kiri) menerima cinderamata dari perwakllan Pemerintah Kota Zhang Zhou Fujian Tiongkok, Liu Jialai (kanan) saat penjajakan kerjasama di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Rabu (21/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Zhang Zhou Fujian, Tiongkok, menjajaki kerja sama bidang ekonomi, pariwisata, dan pertanian dengan Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, untuk menggali potensi pengembangan masing-masing kota.

Perwakilan Pemkot Zhang Zhou Fujian Tiongkok dari Assosiate Director, Liu Jialai menemui langsung Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Rabu, serta mengundangnya hadir ke Kota Zhang Zhou dalam waktu dekat.

"Kehadiran kami ke Palembang ini untuk melanjutkan jalinan yang selama ini sudah terwujud dan bermaksud meneruskannya ke jenjang kerja sama yang produktif dengan Zhang Zhou Fujian,Tiongkok ," kata Liu Jialai.

Menurutnya Kota Palembang semakin dikenal dunia pascaperhelatan Asian Games 2018, kemajuan yang dicapai pun begitu pesat dan menarik perhatian pihaknya untuk menggali potensi kerja sama.



Sama seperti Kota Palembang yang di belah Sungai Musi, kata dia, Kota Zhang Zhou juga memiliki Sungai Jiunlong yang telah menjadi tujuan wisata banyak turis dari berbagai wilayah, sehingga sangat mungkin bagi kedua kota untuk bertukar gagasan mengenai pengembangan pariwisata.

"Kami berharap dapat terjalin kerja sama yang baik dengan Palembang dan semoga Palembang semakin maju sehingga meningkatkan kemakmuran rakyatnya," tambah Liu.

Sementara itu Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyebutkan bahwa antara Palembang dan Tiongkok memang memiliki keterikatan sejak lama dan terus terjalin baik hingga saat ini.

"Tentu saja kerja sama ini kami harapkan dapat menyokong visi Palembang Emas Darussalam ke depan," ujar Harnojoyo.



Bidang ekonomi dan pariwisata memang potensial untuk dikerjasamakan, kata dia, sebab Kota Palembang menjadikan pariwisata sebagai penyokong penting Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dampaknya langsung menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Kami sedang fokus menjadikan Kota Palembang benar-benar sebagai 'Venesia dari Timur' dengan restorasi sungai, semoga misi itu dapat terwujud secepatnya lewat bantuan berbagai pihak," pungkasnya.

Sebagai catatan, Kota Palembang sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera memiliki Tingkat Pembangunan Manusia mencapai 77,2 persen dan angka pertumbuhan ekonomi mencapai 6,15 persen pada 2018, keduanya lebih tinggi dibanding rata-rata nasional.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar