Khatib: Ibadah kurban bukti ketaatan umat kepada Allah

id berita,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata palembang, objek wis

Khatib: Ibadah kurban bukti ketaatan  umat kepada Allah

Ribuan umat Islam di Kabupaten Biak Numfor melaksanakan Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Pangkalan Udara Manuhua Biak, Minggu (11/8). (ANTARA/Muhsidin)

Biak (ANTARA) - Ibadah kurban pada Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah bukti ketaatan orang beriman kepada Allah SWT, demi mengharapkan pahala bagi kehidupan di akhirat, kata khatib Shalat Idul Adha Kabupaten Biak Numfor, Ustadz Ali Mukti Bukhori.

"Pelaksanaan ibadah kurban juga sebagai ungkapan syukur hamba Allah guna mengajarkan sifat berbagi dengan orang lain," katanya saat khutbah Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Lanud Manuhua Kabupaten Biak Numfor di Biak, Minggu.

Ia mengatakan rangkaian ibadah kurban mengajarkan kepada umat untuk lebih peka terhadap lingkungan, antara lain dengan memperhatikan orang lain yang kurang mampu secara ekonomi.

Bahkan, katanya, melalui ibadah kurban, orang yang beriman dapat menjauhi sifat kikir.

"Karena kurban tidak cukup dilakukan sekali seumur hidup atau di setiap tanggal 10 Zulhijjah saja. Tetapi jika memang setiap tahunnya anda memiliki rezeki, tidak ada salahnya untuk berkurban," ujarnya.

Ia mengatakan tentang makna Idul Adha yang untuk memupuk empati umat beriman, sedangkan berkurban menjadi amalan yang dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Apabila kita termasuk orang yang cukup dalam harta, maka wajib bagi kita untuk menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk berkurban. Nah, kemudian kurban tersebut dibagikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan," katanya.

Ustadz Ali Mukti mengharapkan sejarah peristiwa ibadah kurban dialami Nabi Ibrahim AS dengan putranya Ismail AS menjadi pelajaran keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

Ia mengatakan kisah Nabi Ibrahim dengan anaknya Nabi Ismail AS bisa menjadi teladan dan inspirasi umat Islam dalam kehidupan saat ini.

Ibadah kurban, katanya, mengajak umat Islam untuk mendapatkan pahala serta melatih umat menjadi pribadi yang taat dalam menjalankan perintah Allah SWT.

"Jadi, tidak ada salahnya kita membeli hewan kurban untuk berbagi kepada orang yang tidak mampu guna mendapatkan pahala yang setimpal," katanya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 Hijriah tingkat Kabupaten Biak Numfor yang diikuti 8.000 warga Muslim dari berbagai kampung dan kelurahan di Kabupaten Biak Numfor berjalan aman dengan suasana daerah setempat yang kondusif.