Pemprov Sumsel dorong UMKM kembangkan usaha cenderamata asli daerah

id cendera matam umkm didorong kemvbankan produk cenderamata , cenderamata, produk cenderamata, umkm usaha cenderamata, wag,berita sumsel, berita palemba

Pemprov Sumsel dorong UMKM kembangkan usaha cenderamata asli daerah

Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya. (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat untuk mengembangkan usaha cenderamata.

"Provinsi ini berupaya mengembangkan potensi pariwisata, kondisi ini merupakan peluang bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha cenderamata yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan," kata Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya di Palembang, Selasa.

Sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengembangkan usaha cenderamata, karena Kota Palembang dan beberapa daerah dikunjungi banyak wisatawan dalam dan luar negeri.

Pelaku UMKM di provinsi ini perlu didorong mempersiapkan diri mengembangkan kegiatan usaha yang laku dijual kepada wisatawan sehingga bisa merasakan manfaat pengembangan potensi pariwisata yang dilakukan pemprov sejak beberapa tahun terakhir, katanya.

Dia menjelaskan, pelaku UMKM di provinsi ini harus mempersiapkan diri dengan membuat berbagai produk cenderamata yang menarik dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat di daerah ini terutama warga Palembang hanya mengandalkan usaha makanan pempek, kerupuk kemplang, serta kerajinan kain tenun songket dan jumputan.

Melihat masih banyaknya produk yang bisa dikembangkan, pihaknya mengajak pelaku UMKM lebih kreatif dan inovatif dalam menyediakan cenderamata, kata Wagub.