Pemprov Sumsel Ajak UMKM Produksi Cenderamata

id produk umkm, cendera mata asian games, pemprov sumsel ajak umkm produksi cendera mata, umkm

Pemprov Sumsel Ajak UMKM Produksi Cenderamata

Dokumentasi - Produk UMKM pada Sumsel Expo 2015. (ANTARA Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah di provinsi setempat memproduksi cenderamata untuk dijual pada saat pelaksanaan Asian Games Agustus 2018.

"Cenderamata yang dijual pada setiap daerah ini menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat nasional dan internasional seperti PON 2014 dan SEA Games 2011 diproduksi UMKM dari luar Sumsel, melihat fakta itu perlu memotivasi pelaku UMKM lokal menyiapkan cenderamata yang menarik untuk dijual kepada ribuan atlet dan ofisial dari 44 negara peserta Asian Games," kata Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki, di Palembang, Selasa.

Berdasarkan pengalaman itu, pihaknya mengajak pelaku UMKM lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi peluang usaha setiap kegiatan besar yang diupayakan Pemprov Sumsel untuk memberdayakan ekonomi rakyat, katanya.

Menurut dia, pelaku UMKM di Palembang dan 16 kabupaten/kota di Sumsel lainnya memiliki waktu yang cukup untuk membuat aneka cenderamata yang menarik dengan menonjolkan ciri khas daerah masing-masing.

"Sekarang ini saat yang tepat untuk mengembangkan usaha cenderamata, karena penjualan pada saat menjadi tuan rumah ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu dapat menjadi sarana promosi yang luas dan murah," ujarnya.

Dia menjelaskan, pelaku UMKM di provinsi ini perlu didorong mempersiapkan diri mengembangkan kegiatan usaha yang laku dijual kepada ribuan pengunjung dan atlet pada ajang olahraga internasional itu agar tidak hanya menjadi penonton. 

Peserta dan tamu undangan Asian Games yang berkunjung ke Palembang membutuhkan makanan dan barang yang bisa dibawa mereka pulang ke negara asalnya sebagai kenang-kenangan dan buah tangan yang bisa dibagi-bagikan kepada keluarga dan teman-temannya.

Untuk memenuhi kebutuhan atlet dan tamu undangan lainnya, pelaku UMKM di daerah ini seharusnya sekarang ini mulai melakukan berbagai persiapan yang bisa meningkatkan produksi dan kualitas cenderamata, kata Wagub Sumsel.