Kolaborasi Syaharani dan Craig Burton di Berlin

id Berlin,Syaharani, kota kembar jakarta-berlin,Craig Burton, musik jazz,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari in

Kolaborasi  Syaharani dan Craig Burton di Berlin

Kolaborasi penyanyi jazz ternama asal Indonesia, Syaharani dengan penyanyi jazz dari California, Craig Burton dalam acara ekstravagansa pertunjukan musik dalam acara "sister city" Jakarta-Berlin di hotel Ellington, Berlin. (Dok.KBRI Berlin)

London (ANTARA) - Kolaborasi penyanyi jazz ternama asal Indonesia, Syaharani dengan penyanyi jazz dari California, Craig Burton pertunjukan yang menarik perhatian penonton dalam acara ekstravagansa pertunjukan musik, pagelaran budaya Betawi dan fashion show yang diadakan di hotel Ellington, Berlin.

Ekstravaganza ini sekaligus mengawali rangkaian acara puncak peringatan 25 tahun kerja sama sister city atau kota kembar Jakarta–Berlin, ujar Pensosbud KBRI Berlin Hannan Hadi kepada ANTARA London, Senin (22/7).

Pagelaran musik jazz yang berlangsung sekitar tiga jam itu membuat penonton enggan beranjak, bahkan tampak semakin padat. Sampai pertunjukan bubar pun, masih terlihat beberapa penonton yang terus berbincang dengan panitia serta penonton lainnya.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Hari Wibowo, yang memimpin tim kesenian Jakarta, menyebutkan Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan paket pertunjukan lengkap peringatan 25 tahun kerja sama Jakarta Berlin.

"Kami sengaja datangkan langsung dari Jakarta, para artis, penari, disainer dan juga chef untuk pertunjukan di Berlin," ujarnya seraya menambahkan tidak hanya musik jazz, tapi juga tarian dan fashion show atau peragaan busana hasil karya tiga disainer terkenal di Jakarta.

Sementara itu Wakil Duta Besar RI untuk Jerman, Perry Pada, menyebutkan peringatan ulang tahun perak kerja sama sister city Pemerintah kedua kota menyiapkan berbagai kegiatan.

Bulan lalu Tim Sepak Bola U-17 DKI Jakarta berlaga dengan beberapa tim dari negara lain, dan berada di peringkat ke-3, ucapnya.

Kerja sama kota kembar Jakarta dengan Berlin berawal dari inisiatif Gubernur DKI Soerjadi Soedirdja pada saat berkunjung ke Berlin tahun 1993. Inisiatif ini didorong oleh keinginan membenahi Jakarta khususnya di bidang perencanaan kota, angkutan umum, pengelolaan air bersih, serta industri perumahan.

Selain itu, perbaikan tata kelola lalu lintas kota Jakarta juga menjadi salah satu fokus yang dikembangkan melalui kerja sama kota kembar ini.

Secara resmi, kerja sama kota kembar Jakarta-Berlin ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Gubernur Jakarta, Soerjadi Soedirja dan Wali Kota Berlin, Eberhard Diepgen, di Jakarta pada tanggal 13 April 1994.

Dalam MoU disebutkan beberapa bidang kerja sama yang disepakati, antara lain meliputi perencanaan kota, angkutan umum kota, pengelolaan air minum/air bersih, pengelolaan air limbah, perencanaan pembangunan perumahan, serta kerja sama bidang ekonomi dan kebudayaan.

Keseruan pertunjukan musik jazz Syaharani dan Craig Burton didukung personel dari Rusia dan Italia. Syaharani mengajak para penonton untuk berjoged bersama dan menjadi gong penutupan acara pertunjukan.

Acara di Ellington awal dari tiga pertunjukan dirancang Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Kota Berlin dan KBRI Berlin. Kegiatan peringatan dilanjutkan di Classic Remis dan di Mall Kadewe.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar