Tradisi Orang Bone Bolango Pulang Kampung

id Iven Orang Bone Bolango Pulang Kampung Berlangsung Semarak,bone bolango,tarian,gorontalo,pulang kampung,hamim pou

Sejumlah penari membawakan tarian tradisional kreasi pada iven Orang Bone Bolango Pulang Kampung di Suwawa, Sabtu (15/6/2019) malam. (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Tradisi orang Bone Bolango Pulang Kampung di gelar di halaman kantor bupati, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, berlangsung dengan semarak.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Sabtu (15/6) malam, mengatakan pada hakekatnya kegiatan itu diselenggarakan karena semua orang yang berasal dari daerah itu pulang ke kampung halaman.

"Sejauh apapun mereka merantau, mereka pasti pulang ke kampung halaman masing-masing baik Tapa, Kabila, Suwawa hingga Bone Pantai," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Hamim, tidak lengkap rasanya jika tidak bersama-sama melaksanakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga.

"Karena jika kita Lebaran di tempat kita merantau, pasti ada rasa sepi meskipun kita berada di tengah keramaian," ungkapnya.

Menurut Hamim, orang Bone Bolango pulang kampung itu adalah cerita perjalanan kehidupan dan telah menjadi tradisi yang harus dilestarikan.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian tersendiri agar para perantau yang pulang bisa melihat seperti apa perkembangan yang terjadi di kampung halaman," kata dia, lagi.

Ia menambahkan, yang terpenting adalah bagaimana sinergi bersama, baik masyarakat serta pemerintah agar bisa besama-sama mengisi pembangunan daerah.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar