Wisata alam Muratara manjakan pengunjung di hari Lebaran

id lebaran,muratara,objek wisata muratara,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palemb

Wisata alam Muratara  manjakan pengunjung di hari Lebaran

Salah satu destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi, yakni Danau Rayo di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Ang/19)

Muratara, Sumsel (ANTARA) - Sejumlah destinasi wisata alam di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, siap memanjakan para wisatawan pada momen hari libur Lebaran Idul Fitri 2019/1440 Hijriah.

"Daerah kami punya banyak objek wisata alam, semuanya menarik untuk dikunjungi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Titin Martini di Rupit, Kamis.

Ia mengatakan, sedikitnya ada enam destinasi wisata di daerah itu yang sudah banyak pengunjungnya, dan menjadi proritas untuk dikembangkan pemerintah setempat namun saat ini masih dikelola oleh masyarakat.

Keenam destinasi wisata tersebut antara lain, Danau Rayo di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit, Danau Bukit Layang di Desa Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya, Goa Batu Napal Licin di Desa Napal Licin Kecamatan Ulu Rawas, Air Terjun Ulu Tiku di Desa Muara Tiku Kecamatan Karang Jaya, Air Terjun Batu Ampar di Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas, dan Air Terjun Palawaw di Desa Sosokan Kecamatan Ulu Rawas.

"Sebenarnya ada banyak, tapi yang sedang dikembangkan saat ini baru enam objek wisata, namun memang masih dikelola oleh masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, keenam destinasi wisata tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, baik wisatawan lokal Kabupaten Muratara maupun dari luar daerah yang sengaja berwisata di "Bumi Beselang Serundingan" itu.

Titin Martini menambahkan, untuk fasilitas di setiap destinasi wisata sudah disiapkan oleh masyarakat yang mengelolanya, namun memang masih banyak keterbatasan.

"Untuk fasilitas objek wisata sudah disediakan oleh masyarakat yang mengelolanya, para wisatawan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mengisi waktu libur," katanya.

Dilanjutkan, untuk keamanan bagi para wisatawan sendiri menurut Titin bisa terjamin, karena pengelola destinasi wisata memiliki banyak anggota yang bisa menjaga keamanan para pengunjung.

"Keamanan memang yang paling penting, untuk itu kami sudah mengimbau kepada masyarakat yang mengelola objek wisata harus mengutamakan keamanan pengunjung," katanya.