Pelayanan bus AKAP di terminal Palembang berjalan lancar

id angkutan bus,palembang,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,arus balik

Pelayanan bus AKAP di terminal Palembang berjalan lancar

Sopir bus AKAP menempelkan stiker angkutan lebaran di bus angkutan mudik yang dikendarainya pada Apel gelar angkutan lebaran di Terminal Alang Alang Lebar Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (29/5/2019). (ANTARA FOTO/FENY SELLY)

Palembang (ANTARA) - Pelayanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 di Terminal Tipe A Karya Jaya dan Alang Alang Lebar Palembang, Sumatera Selatan, berjalan lancar.

Sejumlah pengelola bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) di Palembang, Minggu, mengatakan, pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran sejak 29 Mei 2019 hingga sekarang ini tidak ada hambatan yang berarti karena daya tampung bus yang tersedia melebihi dari jumlah penumpang.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran tahun ini, sejumlah perusahaan otobus yang beroperasi di terminal tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya menyiapkan 30 armada bus dengan kapasitas tempat duduk sekitar 900 orang.

Menurut Wilda, salah seorang pengelola bus AKAP Kramat Jati di Terminal Karya Jaya Palembang, untuk memberikan pelayanan terbaik pada mudik Lebaran 2019 ini, pihaknya menyiapkan dua armada bus tambahan tujuan Palembang - Jakarta dan Palembang - Bandung.

Dengan adanya bus tambahan, seluruh pengguna jasa angkutan darat ini dapat dilayani dengan baik pada arus mudik Lebaran beberapa hari terakhir.

Pengguna jasa angkutan bus pada arus mudik Lebaran tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Peningkatan pengguna jasa angkutan ini kemungkinan karena masyarakat yang biasa menggunakan jasa angkutan udara beralih menggunakan bus akibat tingginya harga tiket pesawat," kata Wilda.

Sementara petugas Terminal Karya Jaya Azali mengatakan pelayanan kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran 2019 ini berjalan lancar dengan tingkat pengisian (load factor) bus AKAP mencapai 90 persen lebih dari total tempat duduk yang tersedia.

Jumlah penumpang bus AKAP terutama ke sejumlah kota di Pulau Jawa sedikit lebih ramai dibandingkan dengan penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Jumlah penumpang bus AKAP dari Palembang ke Jakarta, Bandung, dan beberapa kota Pulau Jawa lainnya mencapai 900 orang per hari dan dilayani beberapa perusahaan otobus yang menyediakan 30 armada.

Sementara mengenai pemudik yang menggunakan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), secara umum penumpang yang bepergian dari Palembang ke beberapa daerah Sumsel lainnya relatif sepi yakni paling tinggi 60 persen dari total tempat duduk dari 20 bus yang tersedia atau sekitar 600 orang, kata petugas terminal itu.*