Kecamatan Lengkiti OKU bangun 357 unit MCK

id MCK,bangun mck,kecamatan lengkiti bangun mck,pemkab oku bangun mck,mck untuk rakyat oku

Kecamatan Lengkiti OKU bangun 357 unit MCK

MCK. (Antara Sumut/Kodir)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini akan membangun 357 fasilitas Mandi Cuci dan Kakus (MCK) yang dibangun di beberapa desa di wilayah setempat.

"Total MCK yang akan dibangun tahun ini untuk masyarakat di Kecamatan Lengkiti yaitu 357 unit," kata Camat Lengkiti, Ogan Komering Ulu, Mukhlisin di Baturaja, Jumat.

Pembangunan MCK ini sudah diprogramkan oleh beberapa pemerintahan desa yang ada di Kecamatan Lengkiti untuk dibangun tahun ini menggunakan dana desa.

Desa yang melaksanakan pembangunan fasilitas MCK ini meliputi Desa Way Heling, Sukaraja, Tihang, Lubuk Dalam, Segaro Kembang, Pajar Bulan, Sundan dan Desa Tualang dengan total yang akan dibangun 357 unit.

"MCK ini akan dibangun secara gratis di rumah warga yang belum memiliki fasilitas tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan, pembangunan fasilitas sanitasi secara gratis tersebut bertujuan agar masyarakat tidak lagi memanfaatkan sungai dalam melakukan aktifitas mandi dan mencuci atau buang air besar.

"Khususnya mengubah kebiasaan warga untuk tidak lagi buang air besar di sungai sehingga masyarakat desa terbiasa pola hidup bersih dan sehat," lanjutnya.

Dalam pembangunan yang menggunakan dana desa tahun anggaran 2019 tersebut akan dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat setempat.

"Yang membangun MCK nantinya secara swadaya dilakukan oleh masyarakat yang ada di desa masing-masing," ungkapnya.