Menteri Jonan temui CEO Freeport di Amerika Serikat

id ignasius jonan,freeport mcmorran,PT Freeport Indonesia

Menteri Jonan temui CEO Freeport di Amerika Serikat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan beserta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Phoenix, Amerika Serikat (AS), 19-20 Mei 2019 untuk melakukan pertemuan dengan CEO Freeport-McMorran.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, kunjungan tersebut dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua, serta meninjau fasilitas operasi tambang Freeport di Morenci, Arizona.

Sebagaimana diketahui bahwa PTFI saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum.

Kunjungan kerja Menteri ESDM dilakukan untuk mendorong dan memastikan dua hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI, yaitu pertama Tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan, serta kedua, penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu lima tahun setelah IUPK OP diterbitkan.

Dalam kunjungan kerja dimaksud, Menteri ESDM berkesempatan untuk mengunjungi salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona.

Kunjungan ke Morenci dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

Selanjutnya tanggal 21 Mei 2019 Menteri ESDM akan melanjutkan kunjungan kerja ke Houston bertemu dengan pihak ConocoPhillips dan tiba kembali di tanah air tanggal 24 Mei 2019.