Delapan lagu berbahasa daerah Palembang siap dirilis

id lagu,lagu palembang,seniman,seniman palembang,seni,lagu daerah,pencipta,budaya,seni budaya

Delapan lagu berbahasa daerah Palembang siap dirilis

Para pencipta lagu yang karyanya terpilih untuk dipublikasi dalam album lagu Palembang oleh pemerintah setempat. (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/19)

....Ini salah satu upaya kongkrit dari pemerintah, bagaimana caranya anak-anak muda tidak lupa dengan asal usulnya....
Palembang (ANTARA) - Delapan lagu berbahasa daerah  Palembang yang merupakan buah karya seniman asal kota itu siap dirilis ke masyarakat oleh pemerintah kota setempat untuk menambah kecintaan warga terhadap seni budaya lokal.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Lisa Surya Andika di Palembang, Jumat, mengatakan lagu-lagu itu terpilih ini dari hasil seleksi ketat yang dilakukan kurang lebih satu tahun.

Beberapa lagu ini, bahkan sudah tidak asing lagi di telinga warga Kota Palembang karena kerap diperdendangkan di acara-acara formal maupun informal.

"Saat ini sedang proses rekaman, nanti delapan lagu ini akan disatukan dalam satu album lagu asal Palembang," tambah dia.

Ia mengemukakan pemkot akan mempopulerkan album lagu karya-karya seniman muda Palembang ini menggunakan media-media baru berjejaring dengan internet karena setiap lagu akan dibuatkan video klip-nya.

Dengan upaya ini, diharapkan kalangan anak-anak muda terutama kalangan milenial tidak melupakan seni budaya sendiri di tengah globalisasinya budaya dari luar negeri.

"Ini salah satu upaya kongkrit dari pemerintah, bagaimana caranya anak-anak muda tidak lupa dengan asal usulnya. Bagaimana bahasa Palembang yang dipakai sebagai bahasa sehari-hari harus terus dilestarikan, salah satunya melalui lagu," lanjut dia.

Salah seorang pencipta dan sekaligus penyanyi yang terpilih, Bubun Rockrace mengatakan dirinya sangat bersukacita karena karya yang dibuatnya diapresiasi oleh pemerintah yang sekaligus akan mempopulerkannya.

"Saya sangat mencintai budaya asli Palembang, sebagai seniman saya tertantang untuk menciptakan karya yang bisa diterima masyarakat di tengah derasnya budaya luar," tambah dia.

Berikut judul lagu dan penciptanya yang akan dirilis tersebut :

1. Musiku Nan Elok by Athan
2. Tugu Belido by Iswati Fersida
3. Cindo by Andi Pedoo
4. Rentak Bidar by Kamsul Arifuddin
5. Palembang Emas Darussalam by Bubun Rockrace
6. Jeramba Kertapati by Anwar
7. Ayun Basemah by Yai Beck
8. Jajanan Palembang by Washington