Pelindo III buka pemesanan tiket gratis mudik lebaran

id Pelindo II,A Malik Ibrahim,tiket kapal,tiket gratis lebaran,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembata

Suasana penyeberangan kapal feri. (ANTARA)

Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai membuka reservasi atau pemesanan tiket mudik gratis sebanyak 17.500 kursi untuk musim libur Lebaran 2019 dengan menggunakan transportasi angkutan laut maupun darat.

Vice President Corporate Communication PT Pelindo III Wilis Aji Wiranata mengungkapkan kuota kursi tiket gratis untuk Lebaran tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu kuota mudik gratis sebanyak 14.000 kursi. Tahun ini kami tingkatkan menjadi 17.500 kursi," ujarnya, saat dikonfirmasi di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Sama seperti tahun lalu, mudik gratis PT Pelindo III meliputi angkutan kapal laut bekerja sama dengan PT Pelayaran Indonesia (Pelni) dan angkutan darat berupa bus bekerja sama dengan PT Damri. Adapun jumlah tiket untuk kapal laut sebanyak 2.000 kursi dan 15.000 tiket bus.

"Mudik gratis angkutan kapal laut melayani rute Sampit-Tanjung Mas Semarang, Sampit-Tanjung Perak Surabaya, Kumai-Tanjung Mas, Kumai-Tanjung Perak, dan Batulicin-Tanjung Perak. Semuanya menggunakan kapal Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon," katanya.

Pada masing-masing rute angkutan kapal laut tersebut disediakan mudik gratis sebanyak 200-300 kursi dengan total lima kali trip yang dimulai sejak H-6 Lebaran.

Wilis menandaskan setibanya di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya maupun Tanjung Mas Semarang sudah siaga bus mudik gratis untuk mengantar pemudik ke berbagai tujuan.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, disediakan bus mudik gratis tujuan Madiun, Jember, Cepu, Trenggalek, dan Blitar, dengan kuota sebanyak 10.000 kursi, yang  mulai beroperasi sejak H-6 lebaran.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang disedakan bus mudik gratis dengan tujuan Yogyakarta, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwadadi, dan Tegal, dengan kuota sebanyak 5.500 kursi, yang akan mulai beroperasi sejak H-6 lebaran.

"Tiket mudik gratis PT Pelindo III untuk Lebaran 2019 sudah bisa dipesan sejak 15 April lalu secara online melalui website mudik.pelindo.co.id. Namun pemudik yang memesan langsung di lokasi pelabuhan akan tetap kami layani asalkan kursinya masih tersedia. Nanti kami siagakan petugas dengan membuka loket pendaftaran mudik gratis di tiap pelabuhan yang akan melayani pemudik," ucap Wilis.
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor : Risbiani Fardaniah
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar