Gubernur Sumsel: kuliner khas daerah harus dilestarikan

id gubernur sumsel,herman deru, kuliner khas daerah,khas daerah,kuliner,pelestarian kuliner

Gubernur Sumsel:  kuliner khas daerah harus dilestarikan

Gubernur Sumsel Herman deru . (ANTARA News Sumsel/ Feny Selly/19 )

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta kepada kabupaten dan kota untuk melestarikan dan mempromosikan kuliner khas daerah agar semakin dikenal masyarakat di Tanah Air.

Pelestarian makanan daerah bisa saja melalui festival seperti "melemang" atau memasak lemang secara bersama, kata Gubernur Deru di Palembang, Minggu.

Festival Melemang dan Ngopi Bareng yang dilaksanakan di Kabupaten Muaraenim, Sumsel beberapa waktu lalu itu salah satu upaya dalam melestarikan makanan khas daerah.

Melalui festival tersebut bukan hanya kuliner yang dikenal namun kabupaten juga turut dipromosikan.

Dengan adanya promosi maka wisatawan akan banyak berkunjung ke kabupaten dan kota yang sudah dikenal termasuk makanan khas daerah itu.

Gubernur mengatakan, selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa pariwisata hanya fokus pada keindahan alam saja, padahal lebih dari itu seperti berbagai kegiatan seperti festival.

Pariwisata itu bukan hanya suguhan alam saja tetapi kreativitas manusia juga bisa menjadi daya tarik wisatawan seperti Festival "Melemang dan Ngopi Bereng (bersama)"

Bahkan, lanjut gubernur, selama ini makanan lemang (ketan dimasak dalam bambu) hanya dianggap kuliner biasa oleh masyarakat maupun orang luar.

Namun dengan dilaksanakan festival seperti ini maka kreatifitas masyarakat langsung muncul untuk menghasilkan lemang yang beragam rasa dan warna sehingga membuatnya menjadi menarik dan memiliki nilai jual.

Yang jelas, melalui festival makanan maka kuliner akan semakin dikenal masyarakat sekaligus menjadi lestari.

Namun dampak lainnya akan menambah pendapatan masyarakat karena banyak pengunjung ingin membeli ciri khas daerah termasuk kuliner berupa lemang, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar